SIAPA PELATIH MU SELANJUTNYA?

by -

METROPOLITAN – Pelatih Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer mulai merasakan tekanan ekstrem di kursi pelatih. Musababnya, tim asuhannya meneruskan tren buruk di Premier Ligue dengan kekalahan 0-1 dari Newcastle akhir pekan lalu.

Setan Merah saat ini berada di peringkat ke-12 klasemen. Dari 8 pertandingan, MU hanya meraih 9 poin, salah satu rekor terburuk MU. MU juga menuliskan catatan buruk ketika bermain di kandang lawan.

Akibatnya, Solskjaer dianggap tidak layak memimpin proyek revolusi MU. Gagasan memecat Solskajer alias #OleOut pun mulai mengudara. Sebenarnya, memecat Solskjaer mungkin bukan keputusan terbaik. Namun jika benar terjadi, siapa yang layak jadi pengganti?

Mengutip Express, berikut 4 pelatih yang mungkin layak menggantikan Solskjaer di MU:

Massimiliano Allegri

Nama Massimiliano Allegri mungkin yang paling mungkin dan yang terbaik di antara nama-nama lain. Dia memenuhi hampir setiap kriteria, berpengalaman dan cerdas.

Allegri sedang menikmati masa-masa menganggur tanpa klub. Dia punya rekam jejak luar biasa selama menangani Juventus.

Sayangnya, ada satu masalah kecil yang mungkin memberatkan MU. Allegri cerdas, tapi dia cenderung menyukai taktik defensif – tidak cocok dengan identitas MU sebagai tim ofensif.

Erik ten Hag

Mungkin bukan pilihan utama, tapi dia merupakan pelatih yang sudah bisa melakukan apa yang sebenarnya diinginkan MU: dia menjuarai Eredivisie dengan sejumlah pemain muda di Ajax Amsterdam musim lalu dan mencapai semifinal Liga Champions

Ten Hag pun tetap mampu mempertahankan laju apik Ajax musim ini. Dia paham betul cara memanfaatkan pemain-pemain muda.

Sayangnya, ada satu kekurangan besar. Belum bisa dipastikan apakah Ten Hag bisa melebihi torehan Solskjer sejauh ini.

Brendan Rodgers

Salah satu aspek paling mengkhawatirkan dari permainan MU adalah kurangnya kreasi di wilayah sepertiga akhir. Rodgers dikenal sebagai pelatih yang mampu membentuk timnya bermain lebih dinamis dalam formasi berbeda, dia cocok untuk menyelesaikan masalah MU.

Tak hanya itu, Rodgers juga gembar memainkan pemain-pemain muda – prinsip utama MU. Dia termasuk pelatih yang cerdas di bursa transfer dengan mengincar pemain-pemain tepat.

Biar begitu, ada dua masalah utama jika MU memang berminat mengejar Rodgers. Pertama, dia adalah mantan pelatih Liverpool, rival abadi Setan Merah. Kedua, dia melakukan pekerjaan baik di Leicester musim ini.

Mauricio Pochettino

Sudah pernah dikaitkan dengan MU, tidak ada yang meragukan kualitas Mauricio Pochettino. Dia pelatih yang bisa bekerja dengan skuad standar tapi tetap bisa meraih hasil terbaik.

Posisi Pochettino mulai goyah sejak awal musim ini. Dia tetap salah satu yang terbaik dalam menangani Tottenham, tapi jelas Pochettino mulai kehilangan sihirnya.

Laju Tottenham begitu buruk, masalah demi masalah. Bukan tidak mungkin Pochettino dipecat lebih cepat dari seharusnya, lalu MU jadi penadah. (bol/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *