Slogan Calon Kades Mejeng di Proyek Dana Desa

by -409 views
GOTONG-ROYONG: Warga saat gotong-royong membangun jal-ing di Kampung Nagrog, Desa Sukamahi, Ka-bupaten Bogor, kemarin.

METROPOLITAN – MEGAMENDUNG Pembangunan jalan lingkungan (jaling) yang dibiayai Dana Desa (DD) di Kampung Nagrog, Desa Sukamahi masih menjadi sorotan. Proyek jalan dimulai tanpa adanya informasi di papan proyek. Namun pada Kamis (17/10), papan proyek sudah terpasang di lokasi sekitar pembangunan. Dalam papan itu tertulis jumlah anggaran, sumber dana dan penanggung jawab kegiatan. Tapi anehnya di bawah papan proyek tersebut tertulis ‘Sukamahi Masagi’ yang belakangan diketahui slogan seperti itu dipakai juga salah seorang calon kepala desa (kades) Sukamahi.

Menyikapi hal itu, Camat Megamendung Rismawan, menegaskan tidak boleh memakai anggaran dana desa untuk berkampanye. “Tidak diperkenankan untuk memakai papan proyek atau dana desa sebagai sarana kampanye,”tegas dia.

Terpisah,Pendamping Desa ,Sofu, sangat menyayangkan jika hal tersebut terjadi. Menurut dia, seharusnya tidak ada slogan seperti itu di papan proyek,”Idealnya memang tidak boleh,” katanya.

Pendapat camat dan pendamping desa dibantah bagian keuangan Desa Sukamahi, Saepul. Menurut dia, slogan Sukamahi Masagi sudah dipergunakan sejak 2016. Dan itu merupakan visi desa Sukamahi, sampai dengan berakhirnya RPJMDes tahun 2020. “Kalau ada calon yang pakai slogan itu hak beliau. Desa tidak bisa melarang,” kata Saepul.

Pejabat sementara (Pjs) Sukamahi H.Jujun mengakui pemasangan papan proyek itu memang belum ada awalnya, tapi saat ini memang sudah dipasang. “Kebetulan saya sedang mendampingi kalifah MTQ, jadi belum hapal tentang pemasangan papan proyek jalan lingkungan itu, tapi ada kabar hari ini (kemarin,red) papan proyek sudah dipasang,” katanya. (ash/b/els/py)