SMPN 4 Optimis Juara LSS Jabar 2019

by -27 views

METROPOLITAN – SMPN 4 Kota Bogor mengaku optimis bisa meraih juara dalam ajang Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Jawa Barat tahun 2019. Hal itu diucapkan Kepala SMPN 4 Kota Bogor, Wawan.

“Secara fisik, semua persiapan dan persyaratan lomba yang ditetapkan dalam petunjuk pelaksana (Juklak) dan petunjuk tekhnis (Juknis), sudah kita lengkapi dan kita sudah sangat siap untuk dilakukan penilaian,” katanya.

Menurutnya, membenahi infrastruktur sekolah itu tidak terlalu sulit, karena sudah ada juklak dan juknisnya. Pihaknya hanya tinggal mengikuti saja, tetapi yang lebih sulit adalah membenahi karakteristik dan pengetahuan siswa-siswi, mengenai apa itu sekolah sehat. Kalau sekolahnya bagus tetapi siswa siswinya tidak mengerti apa itu arti sehat, tidak ada artinya dan nilainya 0.

“Yang sedang kita hawatirkan, dimana dalam juklak penilaian LSS ada ketentuan bahwa radius 500 meter dari sekolah, dilarang ada puntung tokok satupun, jika tim penilai menemukan puntung rokok dalam radius itu, maka kita dianggap gagal,” ungkapnya.

“Tapi, radius itu kan diluar tanggugjawab sekolah dan menjadi area terbuka bagi masyarakat. Lantas, kalau masyarakat kita larang untuk tidak membuang puntung rokok di seputaran itu, ini kan akan mengundang masalah. Makanya nanti kami akan meminta bantuan Sat Pol PP untuk menjaga agar dalam radius itu terbebas dari puntung rokok,” lanjut dia.

Dirinya menambahkan, kegiatan ini bukan lagi mempertaruhkan nama SMP Negeri 4 semata, tetapi sudah mempertaruhkan nama Kota Bogor. Untuk itu, pihaknya akan terus berkonsultasi dan berkoordinasi dengan sejumlah pihak demi suksesanya pelaksanaan LSS ini.

“Tapi kami juga heran. Harusnya penilaian LSS itu dilaksanakan pada bulan Oktober ini, tetapi entah karena apa, sepertinya ada beberapa kendala di tingkat provinsi, makanya pelaksanaan penilaian LSS ini diundurkan menjadi awal bulan November 2019,” tanyanya.(ber/ar/rez)