Soleh Tidur Berdampingan dengan Lubang WC

by -3.1K views
MIRIS: Soleh yang mend- erita stroke sudah setahun tinggal di gubuk dan tidur berdampingan dengan lubang WC.

SUKABUMI – Kisah seorang warga yang setahun menghuni gubuk dan terpaksa tidur ‘berdempetan’ dengan lubang untuk Buang Air Besar (BAB), viral di media sosial. Lelaki lumpuh itu bernama Soleh (50).

Berbagai respons dan keprihatinan pun diutarakan warganet setelah menyimak narasi yang diunggah Kristiawan Saputra, seorang pegiat sosial, pada Kamis (17/10), soal kisah Soleh.

“….Tidur di samping Lubang WC bukan pilihannya, namun tidak ada pilihan lain,itulah keadaan PAK SOLEH,lima tahun sudah ia terserang stroke akibat jatuh dan sejak itu sampai sekarang ia hanya bisa duduk saja.ukuran rumah yang ia tinggali hanyalah 2 x 2,5 ia tinggal sendirian…,” tulis Kristiawan.

Posting-an itu mendapat ratusan komentar dan ribuan kali dibagikan warganet lainnya. Soleh tinggal di Kampung Kekenceng Kulon, RT 03/01, Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Seperti disampaikan cerita tersebut, Soleh memang tinggal dekat dengan lubang BAB. Jarak hamparan kasur lipat untuk tidur dengan tempat BAB itu sekitar 50 sentimeter. Dua area itu hanya dibatasi kain usang.

“Sudah setahun tinggal di sini, gubuk ini juga dibangun oleh warga dengan material seadanya. Ada perhatian dari ketua RW di sini. Kebutuhan untuk air, saya beli. Dua ember besar dan satu ember kecil harganya Rp5.000,” kata Soleh.

Kedua kaki Soleh telah lama lumpuh akibat stroke yang dideritanya selama sembilan tahun terakhir. Ia mengaku diusir istrinya yang selama 22 tahun bersamanya. Dari dua anaknya, hanya satu orang yang menurut Soleh rutin menengok dan memberikan uang. (dtk/suf/run)