Tempatkan Petugas Khusus hingga Gelar Penghargaan Desa Bersih

by -22 views
SOLUSI: Camat Cileungsi, Zaenal Azhari, menempatkan petugas khusus memantau sampah di flyover Cileungsi

METROPOLITAN  -Sampah menumpuk di kawasan Cileungsi Kabupaten Bogor, tepatnya di flyover Cileungsi dalam beberapa hari terakhir ini. Tingginya hampir satu meter di berbagai titik. Ditambah lagi terdapat sampah yang berserakan hingga ke pinggir jalan.

Menanggapi hal itu, Camat Cileungsi, Zaenal Ashari, mengatakan pembersihan sampah yang menumpuk tersebut merupakan tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor.

“UPT DLH Kabupaten Bogor lah yang memang bertanggung jawab untuk membuang sampah liar itu,” ujar Zaenal. Menurut dia, DLH telah memiliki anggaran tersendiri dan mempunyai peralatan kebersihan yang lengkap berupa seperti mobil truk sampah. “Jadi mereka DLH kan petugas sendiri dan truk sampahnya, ditambah memang punya anggaran itu kan,” jelasnya.

Sementara sebaliknya, ia mengaku pihaknya tak memiliki anggaran dan peralatan kebersihan untuk mengangkut sampah yang berserakan tersebut. Lebih lanjut, Zaenal juga menerangkan pihaknya yang merupakan pemegang wilayah hanya sebatas memberikan imbauan selebihnya pembersihan sampah itu ada pada pihak DLH. “Pengangkutan sampah itu ada pada dinas nya sendiri kan, kalau kita hanya memberi surat teguran kepada oknum yang membuang sampah tersebut,” tegas dia.

Pemerintah Kecamatan Cileungsi juga telah menugaskan petugas khusus untuk memantau sejumlah titik yang dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah sembarangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Ke depan, Zaenal bersama jajarannya juga akan membuat program penghargaan terhadap desa di Cileungsi yang nampak asri dan bersih. “Jadi oknum warga ini umpet-umpetan dengan petugas, mungkin pada malam hari atau saat petugas tengah lengah saat berjaga kan,” pungkasnya. (wk/els)

Loading...