Tertelan saat Belajar, Kesakitan saat Ngomong

by -9.4K views
NAHAS: Bocah kelas tiga SDN Cipayung 02 dibawa ke RSUD Cibinong karena menelan koin.

METROPOLITAN – Fikri Mubarok, bocah delapan tahun, terpaksa dibawa ke RSUD Cibinong, Kabupaten Bogor. Musababnya, murid kelas tiga SDN Cipayung 092, Kecamatan Cibinong, itu tak sengaja menelan uang koin seribuan. Koin itu menyangkut di tenggorokan Fikri dan belum berhasil dikeluarkan hingga sore kemarin.

Laporan: Mulya Diva

Kejadian tertelannya uang koin tersebut berlangsung begitu cepat. Saat itu, Kamis (3/9), Fikri tengah mengikuti kegiatan belajar. Tiba-tiba sekitar pukul 11:30 WIB suasana kelas mendadak heboh. Anak keempat pasangan Zaenal Arifin dengan Susilawati itu berteriak kesakitan.

Guru kelas yang sedang memberikan materi pun kebingungan. Ia lantas berteriak meminta tolong kepada guru lainnya yang ada di sekolah untuk menangani bocah tersebut. “Posisinya lagi kegiatan belajar mengajar di sekolah. Saya waktu itu lagi ada kerjaan di bagian kantor. Saya dengar wali kelas teriak manggil nama guru. Saya dan yang lain keluar untuk menemuinya,” tutur Operator Sekolah, Ade Atang.

Dari situ, Fikri diketahui menelan uang koin seribuan. Para guru yang menghampiri pun sempat memberikan pertolongan pertama dengan cara menepuk pundak sang anak. Tujuannya agar koin yang tertelan bisa keluar dari tubuhnya. Namun, upaya tersebut sia-sia. Koin yang tertelan tak kunjung keluar. Pihak sekolah akhirnya membawanya ke RSUD Cibinong untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Hasil rontgen pihak rumah sakit, koin tersebut terlihat menyangkut di bagian tenggorkan Fikri dengan posisi berdiri. “Hasil scan pihak rumah sakit terlihat uang koin itu nempel di tenggorakan. Mungkin saat itu dia lagi mainin koin. Pihak RSUD menyarankan agar anak tersebut segara dibawa ke RS Fatmawati Jakarta,” terangnya.

Sementara itu, Bidang Humas RSUD Cibinong Uci Sanuci mengatakan, hasil pemeriksaan tim dokter, uang koin yang tertelan berada persis di tengah leher. Namun, pihak RSUD tak bisa menanganinya dan merujuknya ke RS Fatmawati.

Menurutnya, meski koin tersebut menyangkut di tenggorokan. Kondisi itu tak mengganggu saluran pernapasan sang bocah. Hanya saja bocah tersebut merasa kesakitan saat diajak bicara. “Kita lakukan pemeriksaan di IGD RSUD Cibinong. Nantinya dioperasi atau tidak, itu kewenangan pihak RS Fatmawati,” pungkasnya. (mul/c/fin/run)