UPQ Cetak Satu Juta Mushaf Alquran

by -27 views

METROPOLITANCIAWI Isu tutupnya percetakan Alquran yang dilakukan Unit Percetakan Alquran (UPQ) Ciawi, Kabupaten Bogor tak terbukti. Justru, percetakan yang pertama kali dioperasikan 26 Oktober 2016 itu makin eksis dengan meluncurkan produk hasil cetak baru. Mulai dari Mushaf Standar Indonesia (MSI), Alquran Terjemah, Juz Amma Terjemah dan Surah Yasin.

Kepala UPQ Ciawi, Jamaluddin M Marki menjelaskan, percetakan mushaf Alquran terus dilakukan. Sejak 2016 hingga 2018 sudah tercetak 585.000 eksemplar. “Untuk tahun ini kita mencetak 1.000.000 eksemplar,” katanya.

Sementara itu, dalam percetakan Mushaf Alquran itu membutuhkan tujuh tahap. Semua tahapan yang ada tersebut mementingkan isi dari Alquran yang dicetak agar tidak keliru. Pertama, pihaknya akan membuat dummy Alquran atau contoh Alquran yang akan diterbitkan lalu dilanjutkan ke tahapan kedua, yakni diperiksa lembaga Lajnah.

Kemudian tahap ketiga, setelah diperiksa lembaga Lajnah, dummy Alquran tersebut diperiksa kembali. Tahap selanjutnya, dummy Alquran tersebut dipindahkan ke komputer dan kemudian diperiksa kembali. Kelima, diubah menjadi klise atau lempengan, kemudian ditaruh di mesin cetak. Keluar dari mesin cetak diperiksa lagi. Tahap keenam dijahit. “Terakhir, dilekatkan antara cover dengan isi, dipasang stempel di situ,” jelasnya.

Pencetakan Alquran ini melibatkan 15 hafidz atau penghafal Alquran. Sementara itu, Menteri Agama, Lukmanul Hakim menegaskan sejauh ini UPQ Ciawi masih terus beroperasi. “Alhamdulilah, unit percetakan di Ciawi ini mampu kita jaga dan kita rawat. Kita kembangkan untuk memenuhi kebutuhan umat muslim untuk bisa mendapatkan mushaf Alquran dengan baik,” katanya.

Saat ini justru pencetakan Musaf Alquran lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

“Akan lebih banyak lagi. Tidak hanya mushaf Alquran saja. Tapi ada Alquran Pojok dan lainya,”tukasnya. (ash/b/els)