Warga Satu Kampung Dievakuasi

by -
KEBAKARAN: Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api saat kebakaran pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Kota Cimahi, Selasa (22/10).

METROPOLITAN – Kebakaran hebat terjadi di lokasi proyek pembangunan Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) di Kampung Mancong, RT 02/01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (22/10). Titik api yang berada hanya sekitar 100 meter dari permukiman membuat warga berhamburan menyelamatkan diri.

Titik kebakaran berada di sebelah ruas Tol Purbaleunyi Km 130 dan berlangsung sejak pukul 14:00 WIB. Jarak antara titik api ke permukiman hanya sekitar 100 meter sehingga warga berhamburan menyelamatkan diri akibat api yang terus membesar.

“Saya dievakuasi bersama warga lain. Soalnya kebakaran makin besar. Khawatir merambat ke rumah,” ujar salah seorang warga, Mari Maryani, Selasa (22/10). Ia mengaku akan mengungsi terlebih dahulu.

Hingga pukul 15:30 WIB, kobaran api masih membesar dan belum ada tanda segera padam. Petugas pemadam kebakaran pun masih terus berusaha memadamkan api.

“Warga bantu menyemprot dari bawah. Ada sekitar dua sampai tiga ledakan. Ditambah angin kencang, jadi api semakin besar,” kata Dadang Suhendra, warga lainnya.

Petugas Damkar Kota Cimahi Indrahadi mengatakan, yang terbakar pipa Pertamina yang berada di proyek kereta cepat. Ia menjelaskan, kebakaran itu dipicu akibat tertusuknya pipa Pertamina dalam proyek kereta cepat.

Sementara itu, Manajer Komunikasi MOR-3 Dewi Sri Utami mengatakan, setiap pengerjaan proyek semestinya berada di kawasann buffer zone dari wilayah yang terinstalasi pipa atau infrastruktur migas milik Pertamina. “Kita belum tahu karena pemasangan tiang pancang itu. Penyebabnya masih dievaluasi,” ungkapnya.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14:30 atau 14:45 WIB. Saat ini masih dalam penanganan pihak Damkar. Lokasi kebakaran pipa Pertamina memang masih masuk wilayah proyek kerja kereta cepat Jakarta-Bandung.

Di sekitar lokasi kejadian tengah dilakukan pengerjaan pilar. Meski demikian, belum dipastikan penyebab dari kebakaran tersebut karena masih dalam proses investigasi.

Peristiwa itu terjadi pada pipa yang tengah menyalurkan BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung ke Padalarang, tepatnya di pinggir jalan Tol Padalarang-Buah Batu Km 130.

Aliran BBM di pipa tersebut sementara sudah dihentikan dan Pertamina saat ini fokus pada pemadaman dan berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran setempat.

Pertamina memastikan pasokan BBM di Bandung dan sekitarnya aman. Untuk penyebab kebakaran saat ini masih dalam tahap investigasi. “Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan dari dampak kebakaran ini,” pungkas Dewi. (dtk/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *