Wisma Atlet Hambalang Dihuni ’Hantu Bertopi’

by -44 views

METROPOLITAN – Semenjak terkuaknya kasus megakorupsi proyek Wisma Atlet di lereng Bukit Hambalang, Citeureup, bangunan megah itu tak jelas juntrungan.

Kini bangunan itu bak sarang dedemit yang hanya diisi ’hantu bertopi’. Pantauan di lokasi, aura megah kompleks olahraga Hambalang sudah terasa saat tiba di lokasi.

Pagar seng berwarna abu-abu membentang menutup rapat kompleks. Seolah menyembunyikan 25 bangunan dengan jumlah nilai proyek sebesar Rp2,5 triliun itu.

Hampir sebagian dari 25 bangunan yang rencananya digarap di kompleks olahraga Hambalang sudah sekitar 75 persen dibangun.

Namun akses jalan sebagian tertutup rumput ilalang, sehingga tak bisa meninjau seluruh lokasi. Banyak juga kabel serta tiang lampu penerang yang merintangi jalan.

Seorang warga setempat, Wahyu (40), mengatakan, ’hantu bertopi’ adalah sebutan yang disematkan warga sekitar kepada petugas penjaga keamanan di Kompleks Wisma Atlet Hambalang.

“Hantunya itu kami sebut ’hantu bertopi’, karena yang kami lihat hanya penjaga yang memakai topi,” ucap Wahyu, belum lama ini.

Sementara itu, penjaga keamanan Wisma Atlet Hambalang, Rahman, mengatakan, sejak longsor dan mangkraknya proyek pembangunan itu beberapa tahun lalu memang tak pernah lagi ada kegiatan apa pun.

Bahkan, Rahman menyebut tempat itu terlarang bagi siapa pun, termasuk media jika tidak memiliki izin dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk masuk.

“Maaf kalau tidak ada izin dari Kemenpora, saya tidak mengizinkan masuk. Di sini hanya ada penjaga, baik di sini (pos penjaga) ataupun beberapa titik pos di bawah,” paparnya.

Meski tidak ada kegiatan atau pengerjaan apa pun di Wisma Atlet, tambah Rahman, pernah ada beberapa orang dari kalangan pejabat pemerintah datang. Terakhir yang datang adalah Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi dan Wakilnya, Jusuf Kalla.

“Tapi mereka tidak menyebutkan apa-apa, hanya melihat-lihat,” ucap Rahman. (rb/els/py)