2020, Perumda AM TJM Sudah Ditagih PAD

by -77 views
TINJAU: Anggota DPRD saat meninjau kondisi sungai yang jadi sumber mata air.

METROPOLITAN – SUKABUMI, Perusahaan Umum Daerah  Air Minum (Perumdam) Tirta Jaya Mandiri (TJM) Kabupaten Sukabumi memastikan bahwa pihaknya akan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Direktur Tehnik (Dirtek) perumdam TJM Kabupaten Sukabumi Iyus Sugiarto mengatakan, pihaknya diminta Komisi III agar memperbaiki kualitas pelayanan.

“Tentu kami berusaha semaksimal mungkin. Hanya saja untuk pelayanan dari segi kontinuitas belum bisa mencapai 24 jam, khususnya daerah-daerah yang elavasinya yang tinggi,” kata Iyus.

Posisi saat ini, lanjut Iyus, berdasarkan Laporan Kinerja Perumda, pihaknya sudah bisa meningkatkan pelayanan dengan 23 jam per hari.

“Sedikit lagi mencapai 24 jam dalam artian mendekati sempurna. Mudah-mudahan dengan respon dukungan yang besar dari DPRD kita dapat mencapai yang diharapkan,” jelasnya.

Meksi begitu, menurut  Iyus, pelayanan yang diberikan sat ini juga tak lepas dari  faktor alam.

“Kami  tidak bisa memberikan pelayanan yang optimal apabila yang dihasilkan alam dalam hal ini sumber air bakunya mengering atu tidak ada,” tandasnya.

Maka seluruh, sambung Iyus, stekholder baik pemerintah daerah atau pusat diharapkan harus sinergis. Karena potensi sumber air yang dimanfaatkan Perumda AM berada d kawasan hutan produksi (milik perhutani) ini sangat berdampak terhadap kelangsungan potensi ketersediaan air baku.

“Perumda AM tidak mengharapkan adanya penebangan pohon di kawasan itu. Namun, dari sisi lain karena itu kawasan hutan produksi milik perhutani, maka penebangan tidak akan bisa dihindari, dan disinilah letak sinergitas yang harus dibenahi. Dan persoalan tersebut terjadi di area pelayanan jampangkulon,” jelasnya.

Mengenai segi pendapatan asli daerah (PAD),  dengan beralihnya status PDAM ke Perumda AM, maka pada 2020 nanti pihaknya akan diminta untuk menyetorkan PAD

“Di 2020 kita (Perumda AM) insya allah sudah bisa mmemberikan PAD pada pemerintah daerah, tutupnya. (ade/feb) 

Loading...