2021 Kantor Dishub Pindah

by -0 views
RENCANA: Kantor Dishub di Jalan Raya Tajur rencananya pindah pada 2021

METROPOLITAN – Tak cuma mendapat sorotan lantaran alokasi anggaran untuk kegiatan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2020 nilanya sangat jomplang dengan pendapatan yang dihasilkan untuk Kota Bogor, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor juga rupanya sedang ancang-ancang untuk meninggalkan kantor yang kini ditempati di Jalan Tajur, Kecamatan Bogor Selatan itu.

Kajian Detail Engineering Design (DED) untuk kantor baru pun sudah masuk kedalam rencana kegiatan tahun depan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Rakhmawati, bahwa pihaknya kini tengah akan memulai kajian untuk bangunan kantor baru pada tahun anggaran 2020. Menurutnya, sejak beberapa waktu kebelakang, rencana itu mulai muncul lantaran kantor yang kini digunakan sudah tidak lagi representatif dan terkesan ‘sesak’.

Untuk masalah kantor, sekarang itu kami sedang menggodok tentang DED bangunan kantor baru, di tahun depan. Karena ada rencana untuk pindah (dari kantor yang sekarang) karena sudah tidak representatif lagi lah, makanya wacana ingin pindah,” katanya saat ditemui Metropolitan, di Balai Kota Bogor.

Istri dari Kepala Inspektorat Kota Bogor Pupung W Purnama itu mencontohkan, untuk melayani uji kir bagi kendaraan warga Bogor saja saat ini terlihat kurang maksimal dan terlalu sempit.

Padahal, uji kir merupakan salah satu pelayanan yang membutuhkan gedung dan sarana prasarana yang memadai dari segi ukuran.

“Gedung untuk uji kir yang sekarang ya lihat saja, kalau mengantri kan sudah bikin sesak, belum lagi pelayanan yang lain,” ujarnya.

Namun, ia memastikan rencana pemindahan kantor itu tidak akan terlaksana pada tahun depan. Sebab akan dimulai dengan kajian matang dan menyeluruh terkait kebutuhan dari kantor Dishub yang baru, baik dari lokasi hingga kebutuhan luasan dan fisik bangunan.

Namun, ia masih enggan menyebut berapa anggaran yang dibutuhkan untuk merampungkan DED dari kantor Dishub baru nanti.

Tahun depan? Masih kajian dulu, kita belum mulai tahun ini, masih kajian. Ya baru 2021 lah kayanya kita bermain ke pelaksanaan. Yang pasti kajian dan DED-nya dulu kita rampungkan,” tukas Rakhmawati.

Sementara itu, Kepala Subbidang Perencanaan Tata Lingkungan Hidup pada Bappeda Kota Bogor, Naufal Isnaeni mengakui pihaknya tidak terlibat secara langsung dalam pembuatan Detail Engineering Design (DED) untuk kantor baru Dishub Kota Bogor.

Bappeda nggak ada intervensi,” tuntasnya. (ryn/c/yok/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *