3 Tokoh Bogor Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

by -30 views
SERIUS: Wali Kota Bogor Bima Arya bersama para mahasiswa membacakan pernyataan sikap yang mengusulkan tiga tokoh Kota Bogor dijadikan pahlawan nasional.

METROPOLITAN – Pering­atan Hari Pahlawan Nasional di Kota Bogor diisi berbagai kegiatan. Selain upacara dan tabur bunga di Tempat Makam Pahlawan (TMP) Dreded, juga diwarnai orasi kepahla­wanan hingga deklarasi dari mahasiswa yang menyatakan sikap kepada pemerintah pu­sat untuk menganugerahi gelar pahlawan untuk tiga tokoh asal Bogor.

Orasi kepahlawanan dan de­klarasi itu digelar di Tugu Kujang Bogor, Minggu (10/11) malam, yang digagas organisasi maha­siswa kelompok Cipayung Plus.

Di antaranya Himpunan Ma­hasiswa Islam (HMI), Pergera­kan Mahasiswa Islam Indone­sia (PMII), Perhimpunan Ma­hasiswa Katolik Republik In­donesia (PMKRI) dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI).

Kemudian Gerakan Maha­siswa Nasional Indonesia (GMNI), Kesatuan Aksi Ma­hasiswa Indonesia (KAMMI), Ikatan Mahasiswa Muham­madiyah (IMM) dan Kesa­tuan Mahasiswa Hindu Dhar­ma Indonesia (KMHDI).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wali Kota Bogor Bima Arya yang mengikuti jalannya kegiatan dari awal hingga akhir acara.

Ada empat poin dalam per­nyataan sikap yang dibacakan mahasiswa dan disaksikan Bima Arya.

Pertama, mende­sak Presiden Joko Widodo dan pemerintah pusat agar se­gera menetapkan dan menganugerahi pahlawan asli Bogor, yakni KH Sholeh Iskandar, KH Abdullah Bin Nuh dan KH Tubagus Muham­mad Falak sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesia yang telah direkomendasikan beberapa tahun ke belakang.

Kedua, mendesak pemerin­tah pusat maupun pemerin­tah daerah agar memerhatikan, membina dan menyejahtera­kan para veteran yang telah berjuang untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Ketiga, mendorong pahlawan Bogor agar dimasukkan mata pela­jaran atau kurikulum muatan lokal di setiap lembaga pen­didikan yang ada di Bogor.

Terakhir atau keempat, mengajak Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor mem­bentuk tim atau panitia kecil bersama kelompok Cipayung beserta elemen masyarakat Bogor dalam mendorong te­realisasinya tiga tokoh Bogor menjadi pahlawan nasional. (*/rez/run)