Bakal Meluncur Chip 5G Snapdragon 865 dan Mediatek MT6885

by -13 views
Chipset Qualcomm Snapdragon

METROPOLITAN – Dua vendor chip raksasa, Qualcomm dan Mediatek bakal merilis chipset terbaru masing-masing perusahaan dalam waktu berdekatan.

Mediatek bakal mencuri start lebih awal dibandingkan Qualcomm, yakni pada 26 November mendatang lewat acara Mediatek Summit.

Qualcomm sendiri berencana untuk memperkenalkan chipset terbarunya antara 3 hingga 5 Desember mendatang pada ajang Tech Summit yang bakal digelar di Maui, Hawaii, AS.

Terkait chipset yang bakal diluncurkan, Mediatek diduga kuat bakal memperkenalkan chipset pertamanya yang sudah mengadopsi teknologi 5G.

Jika benar, maka chipset itu bakal dibekali dengan chip modem multi-mode Helio M70. Chip itu sempat dipamerkan vendor China tersebut di ajang Computex 2019.

Adapun chipset 5G tersebut kabarnya mengusung seri MT6885, dan bakal diproses dengan teknologi fabrikasi 7 nm FinFET.

Di sisi lain, Qualcomm diprediksi bakal merilis penerus Snapdragon 855, yakni Snapdragon 865 pada khalayak di acara tahunannya pada awal Desember nanti.

Meski demikian, tidak banyak yang bisa digali dari prosesor yang dirancang untuk ponsel flagship ini.

Namun, menurut rumor, Snapdragon 865 bakal mengandalkan teknologi manufaktur 7nm EUV terkini dari Samsung.

Diyakini, teknologi fabrikasi yang dimiliki oleh vendor asal Korea Selatan itu memiliki keunggulan dalam tingkat konsumsi daya.

Di ranah itu, performa disebut 15 hingga 20 persen lebih baik dibandingkan teknologi 7nm FinFET milik kompetitor, TSMC.

Nah, chipset Snapdragon 865 juga disinyalir bakal hadir dalam dua varian, yaitu varian 4G dan varian 5G yang sudah dibekali modem Snapdragon X55 5G, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (12/11/2019).

Kendati demikian, belum diketahui kapan kedua chipset terbaru dari Mediatek dan Qualcomm itu bakal tersedia bagi para vendor smartphone, pun ponsel yang bakal mengadopsinya.

Namun, menarik melihat dua vendor chipset raksasa ini saling pepet untuk memperkenalkan produk terbaru masing-masing. Kita tunggu saja kelanjutannya.

Loading...