Bareng DKIP, Ratusan Siswa Perangi Hoaks

by -6 views
ANTUSIAS: Ratusan siswa-siswi melakukan penandatanganan milenial sebagai tanda kesepakatan memerangi hoaks.

METROPOLITAN – Ratusan siswa-siswi SMAN 1 Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, antusias mengikuti kegiatan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP).

Kegiatan tersebut bertujuan membentuk milenial yang cerdas dalam berkomunikasi dan menangkal hoaks.

“Kali ini kami ada di SMAN 1 Warungkiara, masih dalam rangka even lanjutan yakni Diseminasi Opini Aspirasi Pu­blik dengan tema ‘Milenial Cerdas Berkomunikasi Wujud­kan Milenial Anti Hoax’,” kata seorang pembicara yang diter­junkan DKIP, Herdy Somantri.

Selain memiliki banyak man­faat, tambahnya, acara itu juga digelar dengan penuh keceri­aan sehingga tidak membo­sankan.

Ia menyampaikan, generasi milenial harus cerdas berkomunikasi dan terampil menyerap informasi, mema­hami, menyadari kemanfaatan­nya serta mempertimbangkan untuk menyebarluaskannya.

”Perkembangan teknologi adalah keniscayaan yang tidak bisa ditolak. Untuk menganti­sipasi dampak buruknya ada­lah membentengi diri dari dampak buruk tersebut dengan hal-hal positif. Milenial cerdas itu anti hoaks. Pelajar cerdas itu yang belajar sungguh-sung­guh untuk masa depan yang lebih baik,” bebernya.

Tak hanya dari unsur DKIP, pihaknya juga menghadirkan unsur kepolisian. Hal itu ber­tujuan agar para siswa mema­hami aturan main dalam ber­media sosial.

Di sesi interaktif, para siswa SMAN 1 Warung­kiara aktif bertanya dan tak ragu berdebat tentang tema yang menarik seputar hoaks dan aktivitas yang bisa mening­katkan kapasitas pengetahuan di era 4.0.

”Biasakan tiga hal, belajar, membaca dan berdoa. Insya Allah jadi benteng dari pengaruh buruk globalisasi,” tandasnya. (ade/suf/run)