Bogor bakal Dihantam Badai

by -38 views

METROPOLITAN –Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, selama satu pekan kedepan di Kota dan Kabupaten Bogor, bakal mengalami cuaca buruk.

Curah hujan dengan intensitas lebat yang disertai kilat, petir, hingga angin kencang, diprediksi terjadi sepekan ke depan Bogor Raya.

Deputi Bidang Meteorologi, R. Mulyono R Prabowo, menjelaskan, cuaca ekstrem terjadi lantaran adanya peningkatan tekanan udara di wilayah Siberia dan Asia Timur, beberapa hari terakhir.

Sehingga menyebabkan terjadinya penguatan desakan massa udara dingin dari wilayah Asia mendekati kawasan ekuator.

Desakan udara itu membuat pasokan uap air yang dapat menyebabkan pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.” kata Mulyono.

Terlebih, angin timuran dari wilayah Australia masih cukup kuat dan menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang di Indonesia bagian utara dalam beberap hari ke depan.

Hal ini juga dikarenakan saat ini kita sedang memasuki masa peralihan atau fase pergantian musim dari kemarau menuju penghujan,” bebernya.

Pernyataan serupa pun datang dari BMKG Stasiun Klimatologi Citeko, Forcaster Stamet Citeko, Ronald C Wattimena, mengatakan, berdasarkan pengamatannya cuaca ekstrem bakal terjadi Jumat (29/11) hingga Senin (02/12) mendatang. Hal ini terjadi hampir diseluruh wilayah kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi dampak lanjutan akibat hujan lebat yang disertai angin kencang,” ucapnya.

Terlebih, cuaca ekstrem ini bisa menyebabkan banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Intinya BMKG meminta masyarakat tetap waspada, apalagi di 29 November sampai 2 Desember nanti,” tutupnya. (ogi/c/yok/py)

Loading...