Boleh Panik tapi Lihat Warnanya Dulu, Lampu Indikator Nyala di Dasbor

by -38 views

METROPOLITAN – Setiap mobil dilengkapi dengan lampu indikator pada panel instrumennya. Lampu ini difungsikan sebagai penanda, apakah sistem kendaraan berfungsi normal atau terjadi malfungsi.

Pada mobil zaman sekarang, indikator yang ditampilkan sangat banyak. Kamu bisa melihatnya, sesaat setelah kunci kontak diputar pada posisi on tapi mesin belum menyala.

Seperti alat pengatur lalu lintas, lampu indikator juga dibekali dengan beberapa warna. Ada hijau, kuning atau oranye, dan merah.

Dilansir dari laman resmi Toyota, Jumat 8 November 2019, indikator yang berwarna hijau berfungsi untuk menunjukkan bahwa ada sistem yang sedang aktif. Contohnya, saat kamu mengaktifkan lampu sein maka pada panel akan muncul warna tersebut.

Sementara itu, warna oranye atau kuning dipakai untuk memberi tahu bahwa ada sistem yang mengalami gangguan. Meski demikian, sifatnya tidak darurat dan mobil masih bisa dikendarai dengan aman.

Misalnya, ada kerusakan pada sensor kantung udara atau airbag. Walau peranti itu sangat vital untuk keamanan kamu, tapi kendaraan tetap bisa digunakan, tentunya dengan hati-hati.

Nah, jika warna merah yang muncul, artinya ada komponen yang gagal berfungsi dan bisa berdampak besar pada kenyamanan dan keamanan berkendara. Contohnya, pintu tidak ditutup dengan rapat, sehingga penumpang bisa saja terjatuh saat mobil melaju.