Bupati Percantik Telaga Saat

by -

METROPOLITAN – Kawasan Puncak, Bogor, selalu mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dari wisata alam hingga wisata kuliner yang mempunyai ciri khas tersendiri, semuanya ada di Puncak.

Salah satu destinasi wisata alam yang menjadi primadona bagi para pelancong adalah Telaga Saat. Telaga yang memiliki luas sekitar 1,5 hektare itu berlokasi di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua. Berada di kaki Gunung Kencana, Telaga Saat memiliki air yang jernih seperti kaca. Praktis membuat para pengunjung yang datang seperti berkaca saat melihat permukaan danau.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor yang mengusung tagline ‘The City of Sport and Tourism’, membuat Bupati Bogor Ade Yasin mencoba membenahi Telaga Saat dengan melakukan revitalisasi. Selain mempercantik kawasan wisatanya, Ade Yasin juga mengeruk Telaga Saat yang merupakan hulu dari Sungai Ciliwung.

Ade Yasin menilai kehadiran Telaga Saat bisa dijadikan penampungan air secara alami. “Ini juga dalam rangka pengendalian banjir, karena ini adalah titik nolnya Kali Ciliwung,” kata Ade Yasin kepada Metropolitan, kemarin.

Tingginya angka pengunjung ke Telaga Saat membuat Pemkab Bogor berencana membuat fasilitas wisata anyar, yaitu gondola. Saat ini para wisatawan yang ingin mengunjungi Telaga Saat bisa menggunakan kendaraan off road seperti ATV dan Boogie karena medan jalannya yang masih berbatu.

Untuk meningkatkan potensi wisata, menurut Camat Cisarua Deni Hurnaedi, yakni dengan pemandangan Gunung Gede dan Pangrango. Ia menilai Telaga Saat adalah sebuah potensi wisata yang harus dikembangkan Pemkab Bogor. “Nantinya para pengunjung akan disajikan pemandangan kawasan Puncak dari ketinggian. Kita masih merencanakan soal ini,” terangnya.

Setiap minggunya pengunjung yang datang ke Telaga Saat bisa mencapai ribuan orang dengan berbagai tujuan. Ada yang hanya sekadar piknik bersama keluarga atau melakukan olahraga ekstrem bersepeda menuruni gunung.

Revitalisasi Telaga Saat nantinya akan melibatkan banyak unsur, yaitu Pemkab Bogor, Korem 061/Surya Kancana, pemerintah pusat dan pengelola wisata Telaga Saat.

Deni menambahkan, nantinya para wisatawan yang berfoto di Telaga Saat akan mendapatkan piagam. Seperti yang ada di lokasi wisata Aceh, sebagai titik nol dari Indonesia. “Kita akan buat tempat ini semenarik mungkin. Dulunya ini adalah lokasi wisata yang tersembunyi. Sekarang akan kita perlihatkan pada dunia bahwa Kabupaten Bogor memiliki destinasi wisata yang sangat bagus,” tandasnya. (adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *