Butuh 400 Ribu Guru Bersertifikasi

by -

METROPOLITAN.id – Indonesia disebut membutuhkan 400 ribu guru profesional atau besertifikasi.

Rinciannya, 221 ribu guru untuk Sekolah Dasar (SD) dan 187 ribu guru untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Karena dibutuhkan banyak guru profesional, makanya dibuka Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan,” kata Dirjen Pembelajaran dan Kemahsiswaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ismunandar.

Menurutnya, kebutuhan guru ini juga disebabkan karena sekitar 40 ribu guru pensiun setiap tahunnya,” ujar Ismunandar.

Melalui program ini, dirinya berharap mahasiswa lulusan baru atau fresh graduate memiliki kesempatan untuk mengikuti pendidikan profesi guru ini.

Sebab, selama ini pemerintah lebih fokus hanya yang PPG dalam jabatan.

“Selain itu melalui PPG, calon guru bisa mengajarkan mata pelajaran yang diasuh itu dengan baik, paham akan psikologi siswanya, dan tahu teknologi yang cocok untuk men-deliver materi kepada siswa-siswanya,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Pembelajaran, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Paristiyanti menjelaskan, pemenuhan kuota tersebut harus dibarengi dengan mutu lulusan program profesi guru yang tinggi, serta merata di seluruh Indonesia.

Langkah itu dilakukan untuk mendorong terwujudnya visi Indonesia maju dengan Sumber Daya Manusia yang unggul.

Salah satu solusinya adalah dengan membentuk konsorsium perguruan tinggi.

Nantinya, Konsorsium ini akan menyamakan visi dan misi dalam menyiapkan guru profesional untuk Indonesia di masa akan datang.

“Selain itu juga akan membuat sistem nasional dan regulasi mulai pendaftaran sampai uji kompetensi, penelusuran lulusan, penempatan dan pengukuran learning outcome untuk melihat apakah calon guru ini betul-betul berkualitas di sekolah tempat mereka bekerja,” pungkasnya. (esy/jpnn/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *