China Garap Kota Mandiri Baru di Bogor, Nilainya Capai Rp22 Triliun

by -7.5K views

METROPOLITAN.id – Perusahaan asal China dikabarkan bakal membangun proyek properti besar senilai Rp22,4 triliun di Jonggol, Kabupaten Bogor.

Adalah perusahaan China Railway Construction (CRC) yang akan berkolaborasi dengan PT Sentul City.

Kerja sama keduanya meliputi desain dan pembangunan 30.000 unit rumah di Jonggol. Lengkap dengan jaringan jalan, bendungan dan jaringan pemeliharaan air.

Dikutip dari media China, Yicai Global, Kamis (7/11), proyek tersebut akan dilakukan dalam dua fase, selama 4 dan 5 tahun masing-masing.

Kontrak yang didapat dari CRC tersebut setara dengan 1,55% dari pendapatan perusahaan tahun lalu.

Informasi perjanjian kerjasama itu dibenarkan oleh Head Of Corporate Communication PT Sentul City, Alfian Mujani.

Menurutnya, kerjasama itu nantinya bakal membangun ribuan rumah dengan konsep Kota Mandiri, layaknya perumahan Sentul City saat ini. Perumahan yang nantinya bisa dimiliki oleh masyarakat luas.

Sementara untuk waktu pembangunan, Alfian mengaku belum bisa memastikan. Sebab, perjanjian kerjasamanya pun baru terlaksana.

“Benar kami sudah kerja sama dengan CRC, salah satu BUMN-nya China. Mereka yang membuat hampir 75 persen kegiatan infrastruktur di sana. Saat ini baru dalam tahap perjanjian MoU-nya,” kata Alfian kepada Metropolitan, Kamis (7/11).

Saat dikaitkan dengan proyeksi Jonggol sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), ia belum mau memikirkan terlalu jauh.

Yang jelas, kerja sama yang dilakukan pada Kamis (7/11) di Shanghai itu menandai bakal terealisasinya pembangunan perumahan dengan konsep Kota Mandiri di Jonggol.

“Belum bisa memastikan ke arah sana. Saya juga belum bertemu dengan direksi yang terbang untuk tanda tangan MoU di sana. Jadi belum tahu detail. Yang jelas, rencana itu benar adanya,” pungkasnya Alfian. (detik/ryn/fin)