Chip 5G MediaTek Akan Hadir di Ponsel Pada Awal 2020

by -14 views
Ilustrasi Jaringa 5G

METROPOLITAN – Smartphone 5G akan diprediksi akan semakin banyak bergulir tahun depan. Beberapa vendor asal China, yakni Oppo, Vivo, dan Redmi dikabarkan akan mengkomersilkan smartphone 5G mereka yang diotaki chip buatan MediaTek.

Rumor ini selaras dengan pernyataan terbaru dari CEO MediaTek Cai Lixing. Dia menyebutkan smartphone 5G yang diotaki System on chip (SoC) 5G MediaTek akan meluncur pada kuartal pertama tahun depan, atau sekitar bulan Januari hingga Maret 2020.

Chip yang belum diketahui namanya itu kabarnya dibuat dengan proses fabrikasi 7nm dan memiliki modem 5G terintegrasi Helio M70 dengan dukungan multi-mode (2G, 3G, 4G, dan 5G)

Ia kabarnya juga akan memiliki inti CPU ARM Cortex A77 dan GPU Mali-G77. Dihimpun KompasTekno dari Gizmo China, Jumat (15/11/2019), keduanya adalah CPU dan GPU paling gegas dari ARM saat ini.

Calon chip 5G dari  tersebut diduga turut memiliki unit pemroses AI bernama APU 3.0 yang dirancang sendiri oleh MediaTek.

Kemampuan 5G yang ditanamkan mencakup radio 5G (NR) dengan arsitektur jaringan standalone (SA) maupun non-standalone (NSA).

Selain itu, modem Helio M70 di dalamnya juga mendukung pita frekuensi sub-6GHz, high power user equipment (HPUE), dan beberapa fitur kunci di teknologi 5G lainnya.

Kabarnya SoC 5G perdana dari MediaTek ini akan diumumkan pada 26 November di acara MediaTek Summit.

Lixing juga sesumbar bahwa smartphone 5G yang menggunakan SoC dari perusahaannya tidak hanya akan tersedia untuk segmen flagship atau high end saja.

Ponsel mid-range hingga low-end dijanjikan akan mendapatkannya pula. MediaTek sendiri menjadi salah satu pabrikan semikonduktor yang tergabung dalam perkumpulan “5G Device Forerunner Initiative”.

Dalam pengembangan teknologi 5G, MediaTek bekerja sama dengan beberapa pihak, termasuk Huawei, Nokia, dan NTT DOCOMO.

Loading...