Danramil Boteng Minta Warga Waspada Longsor

by -
SIAGA: Danramil 0601/Bogor Tengah Kapten Inf Suharja bersama pimpinan dan undangan saat kegiatan FPRB, akhir pekan lalu

METROPOLITAN – Walaupun berada di tengah kota, nyatanya wilayah Kecamatan Bogor Tengah tak luput dari kerawanan bencana. Sebelas kelurahan yang ada tetap punya potensi bencana yang harus diwaspadai. Hal itu diungkapkan Danramil 0601/Bogor Tengah Kapten Inf Suharja.

Menurutnya, wilayah Bogor Tengah memang cenderung stabil. Namun ada beberapa potensi bencana yang biasanya terjadi, apalagi mendekati akhir tahun disaat intensitas cuaca buruk dan hujan sering terjadi. “Kondisi cenderung kondusif dan aman. Memang di musim hujan, yang kita waspadai di Bogor Tengah itu bencana tanah longsor dan pohon tumbang,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Banyak pohon-pohon besar dan berusia tua berdiri tegak di banyak jalan protokol di wilayah Bogor Tengah, sebut saja Jalan Pajajaran seputaran Kebun Raya Bogor, Jalan Salak, hingga Jalan Paledang.

Ia pun sering berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, termasuk mengikuti berbagai simulasi bersama-sama, demi mengurangi resiko bencana di masyarakat diantaranya Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPBR) Kota Bogor. “Sehingga penanganan bisa bersama, resiko juga bisa diminimalisasi,” terangnya.

Berdasarkan data BPBD Kota Bogor, terjadi 558 peristiwa bencana sejak Januari-September 2019 di sejumlah wilayah kota hujan. Dari data tersebut, bencana tanah longsor paling mendominasi dengan jumlah bencana sebanyak 155 kejadian.

Kepala BPBD Kota Bogor Juniarti Estiningsih menjelaskan FPRB jadi perwujudan partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana di daerah. Forum yang terdiri dari perwakilan lembaga usaha, akademisi, pakar, ormas, lembaga swadaya masyarakat, media massa, donor, organisasi profesi, legislatif, yudikatif, dan perangkat wilayah bisa saling sinergi dan saling melengkapi dalam upaya-upaya penanggulangan bencana. (ryn/c/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *