DPRD Setujui Dana Cadangan Rp196,3 Miliar

by -44 views
SERIUS : Wawan Juansyah, ketika memafarkan pandangan umum Fraksi Demokrat terhadap dua raperda di paripurna dewan, baru-baru ini.Foto : Proses penandatangan persetujuan tiga raperda di rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi, Jum'at (29/11/2049).

METROPOLITAN – SUKABUMI, Setelah menempuh proses dan pembahasan panjang antara eksekutif dan legislatif, rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun 2013 Tentang Pembentukan Dana Cadangan disetujui. 

Persetujuan sendiri diambil melalui Rapat Paripurna dewan Ke-17 di gedung utama DPRD Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/11/19).

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengatakan, dana cadangan untuk Pilkada 2020 akan masuk dalam APBD tahun depan.

“Alhamdulilah, setelah menempuh proses panjang, raperda pembentukan dana cadangan disepakati hari ini bersama bupati sukabumi, ” kata Yudha, kepada awak media, usai rapat. 

Selain dana cadangan, pihaknya juga menyetujui tentang Raperda tentang APBD TA 2020 serta Penetapan Propemperda Tahun 2020.

“Sebenarnya ada tiga agenda pembahasan dalam rapat paripurna kali ini, dan semua hasil pembahasan Pansus IX yang sudah disampaikan di hadapan bupati. Pansus menyampaikan semua hasil kerjanya secara gamblang,” ungkap Politisi Partai Gerindra itu.

Yudha berharap, seluruh keputusan yang diambil oleh DPRD Kabupaten Sukabumi, dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Kami bertindak sesuai tupoksi, Pemkab mengusulkan, kami yang membahas secermat mungkin. Bicara anggaran, inikan uang rakyat. Jadi, harus bisa bermanfaat untuk masyarakat,” tutupnya.

Sebelum disetujui, sejumlah fraksi telah menyampaikan pandangannya. Termasuk Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Sukabumi yang menyetujui soal usulan dana cadangan.

“Setuju atas usulan Raperda pembentukan dana talangan untuk membiayai penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020,” kata Anggota Fraksi Demokrat Wawan Juansyah.

Menurut Wawan, sikap F-Demokrat tersebut tentunya menghargai upaya Pemkab Sukabumi yang ingin menyukseskan terlaksananya Pilkada serentak 2020.

“Kami meminta Pemkab Sukabumi untuk menjelaskan lebih detail dan teknis tentang dana cadangan yang direncanakan sebesar Rp 196,3 Milyar rupiah, untuk pemilihan Bupati dan wakil bupati 2020 mendatang, ” ungkapnya. 

Dana cadangan, lanjut Dewan asal dapil III itu, merupakan dana yang dialokasikan untuk menampung kebutuhan yang memerlukan dana relatif besar.

“Dana cadangan dirinci menurut tujuan pembentukannya harus didasarkan perencanaan yang matang, sehingga jelas tujuan dan pengalokasiannya,” terangnya. (ade/feb)  

Loading...