Dunia Balap MotoGP Beruntung Memiliki Valentino Rossi dan Marc Marquez

by -31 views
Pebalap Valentino Rossi

METROPOLITAN – CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, menilai bahwa MotoGP beruntung memiliki sosok pebalap fenomenal seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Musim kompetisi MotoGP 2019 segera memasuki seri terakhir yang akan digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, akhir pekan ini.

Rangkaian seri balap terakhir MotoGP 2019 akan dimulai pada hari Jumat (15/11/2019) mendatang dengan menggelar dua sesi latihan bebas alias free practice.

Adapun sesi balapan yang akan menjadi puncak MotoGP Valencia baru akan bergulir pada Minggu (17/11/2019), mulai pukul 20.00 WIB.

Setelah itu, ajang balap kuda besi paling bergengsi tersebut akan memasuki masa libur sebelum memasuki musim baru pada Maret 2020.

Selama perhelatan MotoGP, Dorna Sports, selaku pemegang hak siar resmi, layak disebut pihak yang paling berjasa.

Sebab, berkat Dorna Sports, MotoGP bisa dibilang menjelma sebagai olahraga adu kecepatan yang paling digandrungi.

Berbeda dengan Formula (F1) yang mulai kehilangan daya tarik, pamor MotoGP justru semakin menanjak.

Nama-nama seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, dan bahkan Fabio Quartararo menjadi semakin dikenal luas.

Bahkan, fenomena Marquez yang sukses menancapkan dominasi dalam beberapa musim terakhir pun tidak lantas membuat kompetisi yang digelar sejak tahun 1949 ini membosankan.

Atas fenomena ini, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, memiliki jawabannya sendiri.

“Tidak seperti pada olahraga balap yang lain, para pembalap MotoGP masih menjadi faktor pembeda yang utama,” ujar Ezpeleta seperti dikutip Bolasport.com dari Tuttomotoriweb.com.

“Pada ajang ini, penampilan para rider akan lebih menentukan hasil akhir balapan,” imbuh pria yang baru saja berkunjung ke Indonesia tersebut.

Perkataan Ezpeleta ada benarnya. Jika melihat apa yang terjadi pada tim Repsol Honda, faktor keahlian seorang pebalap memang memiliki peran penting di ajang ini.

Menunggangi motor sama, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo mencatat hasil yang bertolak belakang pada musim ini.

Jika Marquez mampu meraih gelar juara, Lorenzo justru terbenam di dasar klasemen karena gagal menguasai motor RC213V yang menjadi tunggangannya.

Ezpeleta lantas melanjutkan bahwa MotoGP juga beruntung karena memiliki sosok pebalap fenomenal seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez yang memberi warna tersendiri untuk kompetisi ini.

“Saat seorang pebalap bersinar, dia akan memberikan rangsangan kepada pebalap lain untuk mengikutinya,” tutur Ezpeleta.

“Itulah mengapa pembalap seperti Rossi dan Marquez sangat penting. Tanpa mereka, pebalap yang lain tidak akan berada pada level ini,” ucapnya.