F-PKS Sebut Perumda Agribisnis Penting

by -10 views
SERIUS: F-PKS Munawar Lutphi memberi pandangan terkait Raperda Kabupaten Sukabumi saat rapat paripurna.

METROPOLITAN – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menyebut Perusa­haan Umum Daerah (Pe­rumda) Agribisnis memiliki kedudukan sangat panting dan strategis dalam menun­jang pelaksanaan otonomi.

Hal itu diungkapkan Amran Munawar Lutphi dari F-PKS terkait tiga rancangan pera­turan daerah (raperda) di rapat paripurna.

“Perumda Agribisnis memiliki kedudu­kan sangat panting dan stra­tegis dalam menunjang pelaks­anaan otonomi,” kata Amran.

Menurut dewan asal Dapil IV itu, perumda ini memiliki peran dalam mewujudkan kemakmuran daerah dengan memberikan kontribusi ter­hadap penerimaan Pendapa­tan Asli Daerah (PAD), serta kontribusi nilai tambahnya terhadap Pendapatan Domes­tik Regional Bruto (PDRB) dan kemampuannya menyerap tenaga kerja.

“Perumda Agribisnis perlu didukung agar benar-benar menjadi kekuatan ekonomi yang andal,” ungkap sekreta­ris F PKS itu.

Sehingga, lanjut Amran, nantinya dapat ber­peran aktif dalam menjalan­kan fungsi dan tugasnya mau­pun sebagai kekuatan per­ekonomian.

F-PKS mengingatkan ber­bagai langkah dan tindakan agar perumda ini sesuai ha­rapan.

“Kami mengapresia­si lahirnya Raperda Agribis­nis karena sesuai potensi daerah, tetapi juga harus hati-hati supaya tidak ber­nasib kurang baik,” katanya.

Tak hanya itu, pihaknya juga meminta pemerintah menempatkan orang-orang profesional dalam mengurus perumda tersebut.

Selain itu, peningkatan kom­petensi dan profesionalisme direksi beserta stafnya dalam menjalankan perusahaan sebagai usaha komersial murni yang mengutamakan pertimbangan efisiensi dan pencapaian laba usaha yang memadai.

“Direksi dan staf yang di­tempatkan di perumda ha­ruslah orang-orang yang mempunyai jiwa dan seman­gat wirausaha dalam men­jalankan operasional peru­sahaan,” tutupnya. (ade/hep/suf/run)