Gagal Lelang, Perbaikan 3 SD di Kota Bogor Terancam Molor

by -22 views
Ilustrasi perbaikan sekolah

METROPOLITAN.id – Dari 10 paket pekerjaan milik Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor yang dilelangkan, ada 3 paket pekerjaan revitalisasi atau perbaikan Sekolah Dasar (SD) yang mengalami gagal tender.

Tiga SD tersebut yaitu SDN Cijahe dengan pagu anggaran Rp700 juta, SDN Tajur 1 sebesar Rp700 juta dan SDN Pamoyanan 1 dengan nilai pagu Rp1,1 miliar.

Akibat gagal lelang itu, revitalisasi di 3 SD itu terancam molor.

“Semua gagal tender karena tidak ada penyedia jasa yang lulus evaluasi teknis,” kata Kepala Bagian Pengadaam Barang dan Jasa (PBJ) Setda Kota Bogor Henny Nurliani, Selasa (12/11).

Menurutnya, pekerjaan-pekerjaan itu tidak dapat dilakukan tender ulang lantaran sisa waktu anggaran 2019 yang mepet untuk proses tender dan pelaksanaan.

“Memang awalnya masuknya ke kami juga setelah lewat pertengahan tahun. Artinya sulit kalau untuk tender ulang. Kami sih bisa saja (tender ulang), tapi waktu mepet untuk pelaksanaan,” ungkapnya.

Saat ini, paket tersebut dikembalikan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) yang bersangkutan. Tujuannya, untuk dikaji kembali jika memang akan dilelang kembali tahun anggaran yang akan datang.

“Silakan kaji lagi. Waktu dan nilai kontraknya,” terang Henny.

Secara umum, kata dia, dari 122 paket yang dilelang Bagian PBJ tahun 2019, 120 paket di antaranya sudah selesai. Tinggal menyisakan dua paket yang tengah berproses pembuktian kualifikasi dan upload dokumen.

Dari 120 paket yang selesai, ada enam paket yang gagal tender. Tiga diantaranya yang di Disdik. (ryn/a/fin)

Loading...