Hasil Petani Binaan, Bisa Diicip di Kafe Madaya

by -
BARU: Dompet Dhuafa mengenalkan kopi yang dihasilkan dari petani binaan. Kopi ini bisa dicicip di Kafe Madaya.

METROPOLITAN – Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Dompet Dhuafa meluncurkan kopi dan Kafe Madaya di kawasan Zona Madina, Dompet Dhuafa Jampang, Parung, Kabupaten Bogor. Kopi ini dihasilkan dari sejumlah petani binaan Domper Dhuafa di berbagai daerah.

Kepala Unit Kopi Madaya, Asmiril Aziz Ghofur, mengatakan di Kafe Madaya ini pihaknya menawarkan green ben, roasted ben, kopi bubuk dan kopi siap minum dalam kemasan botol. “Nanti rencana dalam pengembangan kita juga ada kopi sachet siap seduh,” ujar Asmiril ditemui di Kafe Madaya, kemarin.

Dia menjelaskan bahwa kopi madaya merupakan kopi hasil tani dari komunitas petani kopi Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (jenis kopi robusta), Kabupaten Aceh Tengah, Aceh (jenis kopi arabika), dan Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (jenis kopi Arabika). “Kopi itu dihasilkan oleh petani binaan Dompet Dhuafa yang kita berdayakan di tiga wilayah itu, oleh karena itu namanya kopi madaya, maju dan berdaya,” kata Asmiril.

Dia mengatakan sebelumnya kopi madaya ini sudah dipasarkan di masing daerah binaan dan untuk menyatukan hasil kopi di 3 wilayah binaan pihaknya membentuk kafe madaya yang juga dilengkapi rumah produksi kopi. Bagi masyarakat yang penasaran untuk menyicipi kopi madaya ini, Asmiril mempersilahkan untuk datang langsung ke Kafe Madaya di Zona Madina, Parung, Kabupaten Bogor. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau seperti kopi siap minum yang dibanderol Rp15.000 per botol. “Untuk pemasaran, karena masih baru kita baru di wilayah Bogor, rencana ke depan kita akan melakukan ekspansi kafe-kafe di Jakarta,” kata Asmiril. (ayb/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *