Jangan Cepat Jemawa

by -24 views

METROPOLITAN – Liverpool meraih poin penuh saat menjamu Manchester City dalam pertandingan pekan ke-12 Liga Inggris di Anfield Stadium pada Minggu (10/11). The Reds menang dengan skor telak 3-1. Klub asuhan Juergen Klopp ini pun mantap memuncaki klasemen sementara Liga Inggris.

Namun, pasukan The Reds dinilai tidak boleh terlalu jumawa. Pasalnya, pertandingan Liga Inggris masih jauh. Meski memang Liverpool dijagokan menjuarai Liga Inggris 2019/2020 setelah menang atas Manchester City.

Pelatih Juergen Klopp mengaku tak mau terlena karena musim masih panjang. “Ini gila! Kami memimpin 9 poin di atas Manchester City, tetapi siapa yang mau memimpin di bulan November. Kami ingin memimpin di bulan Mei (akhir musim, red),” kata Klopp.

Liverpool tidak mau kehilangan kesempatan memenangkan gelar Liga Inggris. Musim lalu, mereka juga sempat memimpin atas Manchester City tetapi gagal memenangkan gelar setelah finis satu poin di belakang City.

Sementara, tiga gol Liverpool ke gawang Manchester City di antaranya dicetak Fabinho pada menit keenam, Mohamed Salah pada menit ke-13 dan Sadio Mane pada menit ke-51. Sedangkan, gol tim tamu disarangkan Bernardo Silva pada menit ke-78.

Laga sendiri sudah berlangsung panas dengan tempo cepat sejak peluit sepak mula dibunyikan. Kedua tim bermain terbuka dan saling serang. Seisi Stadion Anfield langsung bergemuruh menyambut gol cepat Liverpool pada menit keenam. Fabinho mencetak gol indah lewat tendangan keras kaki kanan dari luar kotak penalti.

Tujuh menit berselang, Liverpool sukses menggandakan keunggulan. Kali ini Mohamed Salah mencatatkan namanya di papan skor. Salah mencetak gol sundulan memanfaatkan umpan silang dari Andy Robertson dari sisi kiri. Dua gol cepat Liverpool ini selalu diawali dari skema serangan balik cepat.

Pada menit ke-23, Man City menciptakan tembakan tepat sasaran pertamanya. Hal itu dilakukan Sergio Aguero. Tembakan keras Aguero dari dalam kotak penalti masih bisa ditepis Alisson Becker. Memasuki menit ke-30, tempo permainan cenderung menurun.

Di babak kedua, Liverpool kembali mencetak gol cepat. Baru enam menit babak kedua berjalan, Sadio Mane membuat jala gawang Claudio Bravo bergetar untuk ketiga kalinya. Memanfaatkan umpan silang Jordan Henderson, Mane yang berada di tiang jauh dengan mudah menyundul bola masuk ke gawang.

Meski lebih banyak menguasai bola, Man City terlihat buntu ketika memasuki sepertiga pertahanan Liverpool. Kevin De Bruyne, Bernardo Silva dan Raheem Sterling, kesulitan menciptakan kombinasi yang biasanya mereka lakukan. Hal ini membuat Aguero di lini depan kekurangan pasukan bola.

Pada menit ke-70, pelatih Man City, Pep Guardiola, mengganti Aguero dengan Gabriel Jesus. Pada menit ke-78, usaha Man City memperkecil kedudukan membuahkan hasil berkat gol Bernardo Silva. Menerima umpan Angelino dari sayap kiri, Bernardo melepaskan tembakan keras kaki kiri yang meluncur deras ke gawang Alisson.

Seusai gol ini, Liverpool memilih bertahan dengan hanya menyisakan Salah di garis tengah. Meski terus menyerang, Man City tetap gagal mengejar ketertinggalan hingga akhir pertandingan. Liverpool pada akhirnya berhak mendapatkan tiga poin dengan kemenangan 3-1.(kom/rez)