Kebut Kesiapan Pendidikan Berbasis Teknologi

by -122 views
ILUSTRASI: Siswa saat mengikuti UNBK. Kemendikbud mengukuhkan 40 orang dari 34 provinsi sebagai Duta Rumah Belajar 2019.

METROPOLITAN – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengukuhkan 40 orang dari 34 provinsi sebagai Duta Rumah Belajar 2019. Duta Rumah Belajar merupakan cara Kemendikbud melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pusat TIK) untuk mendorong kesiapan pembelajaran berbasis TIK┬ádi seluruh provinsi di Indonesia.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Teknologi Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Web, Pusat TIK Kemendikbud, Hasan Chabibie, saat memberi sambutan di Seminar Nasional Rumah Belajar yang diadakan di Balai Kartini, Jakarta.

“Saat ini yang dibutuhkan generasi muda tidak hanya nilai yang tinggi, tetapi juga harus diimbangi dengan kemampuan menguasai teknologi,” kata Hasan.

Seminar bertema ‘Membangun Generasi Unggul dan Berkarakter di Era Digital’ itu sendiri bagian dari kegiatan tahunan Kemendikbud untuk menyosialisasikan pemanfaatan TIK di bidang pendidikan.

Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, dalam kesempatan yang sama mengatakan, Rumah Belajar bertujuan untuk memberi variasi konten dalam proses pendidikan dengan pemanfaatan teknologi. Menurut dia, posisi guru di kelas tetap tak dapat digantikan, meski murid-murid menggunakan teknologi dan internet dalam mencari informasi.

“Diharapkan dengan memanfaatkan teknologi pembelajaran Rumah Belajar semakin mempermudah para siswa untuk menuntut ilmu, para siswa dapat memanfaatkan gawainya untuk kegiatan positif untuk meningkatkan prestasi belajar,” tutur Syaiful.

Pemanfaatan teknologi dianggap sebagai buah dari ilmu pengetahuan yang dinamis sehingga teknik pembelajaran perlu penyesuaian agar lebih efektif. Di samping itu, Syaiful mengatakan, pemanfaatan teknologi mesti dibarengi dengan pendidikan karakter. (vn/suf)