Kedutaan Swiss Datangi PDAM, Ini Harapan Dirut Tirta Kahuripan

by -
KUNJUNGAN: Jajaran PDAM Tirta Kahuripan berfoto dengan Kedutaan Swiss usai menjalin kerja sama di kantor PDAM Tirta Kahuripan, Kabupaten Bogor, kemarin.

METROPOLITAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor, jalin kerjasama dengan pihak USAID, Swiss Confederation, SECO bersama USAID IUWASH, guna meningkatkan mutu dan kualitas pelayana kepada pelanggan.

Kerjasama tersebut secara umum terbagi dalam tiga kategori. Diantaranya, penurunan dan pengendalian air tidak berekening (NRW,red), peningkatan efisiensi energi dan pengembangan sumber daya manusia.

Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan, Hasanudin Tahir, mengatakan, kerjasama tersebut bakal berlangsung selama tiga tahun kedepan. Untuk program penurunan NRW, rencananya bakal diisi dengan sejumlah program pelatihan, perencanaan, oprasional dan menejemen NRW.

Pada program peningkatan efisiensi energi, klausul program kerjasama terdiri dari, program pelatihan, perencanaan, oprasional dan menejemen meningkatkan efisiensi energi.

“Untuk penurunan dan pengendalian air tidak berekening, kami targetkan harus turun 5 hingga 7 persen dari rentan waktu 2019 hingga 2021. Begitu juga dengan peningkatan efisiensi energi, minimal harus mencapai 15 persen,” kata Hasanudin Tahir, di sela-sela kunjungan Kedutaan Swiss ke Kantor PDAM Tirta Kahuripan, kemarin sore.

Sementara disektor kerjasama pengembangan sumber daya manusia, sambung Hasanudin, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah modul pelatihan dan pembekalan bagi para karyawannya.

Seperti, pelatihan di bidang teknis dan non teknis, menyusun lima setandar oprasional, hingga menyusun tujuh rencana aksi teknis dan non teknis untuk meninkatkan kinerja dan pelayanan PDAM.

Kunjungan duta besar Swiss maupun Mentri Luar Negri Swiss untuk Asia Pasifik ini juga diharapkan, dapat memberikan angin segar bagi PDAM. Selanjutnya, Hasanudin juga menginginkan, dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan dampak positif bagi pelayanan dan peningkatan kualitas PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.

“Semoga dengan adanya kerjasama dan kunjungan ini, dapat meningkatkan kinerja teknik dan keuangan dengan fokus khusus pada pengurangan NRW. Serta peningkatan efisiensi energi dan program pengembangan kapasitas non teknis,” harapnya.

Sekedar diketahui, kunjungan duta besar Swiss maupun Mentri Luar Negri Swiss untuk Asia Pasifik ini, diwarnai dengan kunjungan ke intalasi air Cibinong, sambil melakukan peninjauan unit perpompaan, panel-panel terkait efisiensi energi listrik. (og/c/yoki/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *