Kuota Haji Ditambah, Pelayanan Harus Optimal

by -
DISKUSI: Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Bogor Abdul Aziz memberi sambutan saat diskusi Pengendal-ian dan Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Bidang Keagamaan Tahun 2019.SANDIKA/METROPOLITAN

METROPOLITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor dalam pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan haji daerah Kabupaten Bogor. Langkah itu dilakukan untuk mengoptimalkan peningkatkan pelayanan calon haji di Kabupaten Bogor.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Bogor Abdul Aziz mengatakan, kegiatan itu dilakukan untuk mengindentifikasi dan memetakan berbagai persoalan pelayanan haji.

“Kita akan perbaiki mulai dari level bawah sampai level atas. Perbaikan sarana prasarana seperti tempat menunggu keberangkatan, perbaikan pusdai sebagai alternatif asrama haji. Karena kita belum punya asrama haji. Sehingga kita bisa memberikan pelayanan haji yang nyaman, aman, mudah dan prima ke depannya,” tegas Aziz.

Karena itu, ia berharap pemerintah pusat bisa menambah kuota haji mencapai 10 persen pada 2020 mendatang.

“Minat berangkat haji ini terus meningkat tiap tahunnya. Di 2019, kami mendapat kuota tambahan mencapai seratus orang. Mudah-mudahan tahun depan bisa ditambah lebih banyak lagi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor Dadang Ramdani menjelaskan, koordinasi dan evaluasi dilakukan untuk memberi pelayanan optimal dan kualitas dalam pemberangkatan dan pemulangan haji di Kabupaten Bogor.

Melalui kegiatan ini diharapkan tidak hanya meningkatkan pelayanan haji, tetapi mampu meningkatkan profesionalisme para petugas dan pendamping haji.

“Sehingga mampu memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan sebaik-baiknya kepada para jamaah haji di Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor Mukri Adji menerangkan, dalam pelaksanaan ibadah haji yang terpenting adalah nilai religiusnya yang sangat besar. Untuk meningkatkan nilai ibadahnya dibutuhkan manajeman yang baik, sistem yang mendukung dan pengelolaan yang mumpuni.

“Untuk itu perhatian terhadap peningkatan kualitas pelayanan pemberangkatan dan pemulangan haji perlu dilakukan. Karena mayoritas masyarakat Kabupaten Bogor adalah muslim dan kuota haji Kabupaten Bogor terbanyak di Jawa Barat. Sehingga selain meraih haji yang mabrur serta mendorong terwujudnya Kabupaten Bogor berkeadaban,” pungkasnya. (*/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *