Lahir Jemuah Wage, Cucu Ketiga Jokowi Dinilai Setia

by -22 views
BAHAGIA: Gibran Rakabuming Raka dan istri, Selvi Ananda, menggelar jumpa pers atas kelahiran anak keduanya di RS PKU Muhammadiyah Jakarta

METROPOLITAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki cucu ketiga. Selvi Ananda, istri Gibran Rakabuming Raka, melahirkan anak keduanya di RS PKU Muhammadiyah, kemarin. Selvi melahirkan putri cantiknya melalui proses operasi caesar.

Sang ayah pun mengucap syukur anaknya lahir dengan selamat. Ia juga berterima kasih pada tim dokter, yang menurutnya telah mengawal persalinan dengan sangat baik. Adik Jan Ethes ini berjenis kelamin perempuan.

Meski demikian, hingga kini Gibran belum mengungkap siapa namanya. Ia mengaku nama akan diumumkan bila kakek sang bayi, Jokowi, telah datang ke kampung halaman di Solo.

Namun di balik itu semua, bagi orang Solo, sudah biasa untuk melihat karakter seseorang lewat weton dan penanggalan Jawa. Bagaimana karakter adik Jan Ethes dilihat dari wetonnya?

Menurut Pakar Budaya Jawa dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Djoko Sulaksono, mengungkapkan berdasarkan lahirnya putri mungil dari pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda itu masuk weton Jawa ‘Jemuah Wage’. “Jelas ya wetonnya Jemuah Wage dalam kalender Jawa,” katanya.

Arti dari weton kelahiran adik Jan Ethes Srinarendra yang lahir pada Jumat (15/11) itu, maka masuk 17 Mulud 1953 wawu atau Wuku Wayang, Windu Segara. Menurutnya, karakter atau kepribadian yang lahir pada Weton Jemuah Wage ini memiliki makna mengagumkan, menarik dan setia. Neptu untuk Jemuah Wage adalah 10. “Seperti itu watak berdasarkan Weton Jawa,” jelas Djoko Sulaksono.

Sekadar diketahui, cucu ketiga Presiden Jokowi telah lahir dengan jenis kelamin perempuan. Cucu ketiga itu lahir secara caesar, berat badan 2.92 kilogram dan panjang 46.5 sentimeter. Anak kedua Gibran ini lahir tepatnya pukul 15:46 WIB.(tib/rez/run)