Limbah Polusi Pembakaran Ban Resahkan Warga Koleang

by -35 views
SUMBER POLUSI: Aktivitas pembakaran limbah ban bekas di Kampung Cikidung, RT 04/09, Desa Koleang, Kecamatan Jasinga ini meresahkan warga

METROPOLITAN – JASINGA  Adanya aktivitas pembakaran limbah ban bekas di Kampung Cikidung,  RT04/09, Desa Koleang  Kecamatan, Jasinga meresahkan warga. Sebab, asap pembakaran ban bekas menyebabkan pencemaran polusi udara dan dekat pemukiman warga.

Warga Kampung Silonggong, Desa Koleang, SF (50) mengaku aktivitas produksi pembakaran limbah ban sudah sejak hampir 3 bulan berlangsung di Desa Koleang. 

Bahkan, kabarnya dari pihak  Satpol-PP Kecamatan Jasinga sudah melakukan tindakan tegas untuk menutup kegiatan usaha tersebut, karena banyaknya keluhan warga yang protes akibat pencemaran polusi udara yang menggangu masyarakat sekitar. Tapi nyatanya sekarang produksi pembakaran limbah ban masih saja tetap produksi. 

“Lihat saja kalau siang hari hingga malam terlihat polusi asap sisa pembakaran muncul bertebaran di lokasi tersebut,” ujarnya.

Dia menjelaskan, aktivitas pembakaran ban bekas juga kadang dilakukan sejak siang hingga malam hari, meskipun tidak menentu. Informasinya, aktivitas pembakaran ban tergantung ketersediaan dan datangnya pengiriman bahan baku ban bekas ke lokasi tersebut.

“Lokasi pembakaran ban bekas sangat dekat dengan pemukiman, dampaknya sangat terasa bau ban bekas dan membuat sesak nafas,” ungkapnya.

Senada,  Yudi (42) pekerja warga asli Tenjo mengaku sudah tiga bulan bekerja di pembakaran ban ini.

Produksi pembakaran limbah ban ini dilakukan dengan cara penyulingan dan yang ambil minyak RCO dari limbah ban tersebut. “Setelah dibakar minyaknya disuling. Nantinya akan digunakan untuk pembakaran sejenis bahan bakar solar,” tukasnya. (ads/b/els/py)