Maksimalkan Potensi, Tingkatkan Ekonomi Warga

by -19 views
MULUS: Salah satu ruas jalan desa di Kampung Panoongan, Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, yang rampung dibangun.

METROPOLITAN – Pemerin­tah Desa (Pemdes) Kampung Sawah berencana memaksi­malkan semua potensi yang dimiliki wilayahnya. Hal itu diutarakan Kepala Desa (Ka­des) Kampung Sawah terpilih, Edi Riyadi.

Dalam roda pemerintahan­nya, pria yang akrab disapa Ugan itu mengaku Pemdes Kampung Sawah akan me­nata kembali potensi yang ada di wilayahnya.

Apalagi dengan adanya Situs Gunung Munara yang sudah terkenal di kalangan traveling se- Jabodetabek yang harus benar-benar ditata.

”Banyak potensi di Desa Kampung Sawah, kita akan kelola dengan baik melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” kata Ugan kepada Metropo­litan.

Ugan menuturkan, dari po­tensi yang ada, hal paling penting adalah mengedepan­kan masyarakat. Hal itu ber­tujuan meningkatkan eko­nomi masyarakat di Desa Kampung Sawah.

”Dari hasil wisata itu kita akan bagi rata. Misalkan 40 persen untuk BUMDes dan 60 persennya untuk masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, dengan jumlah penduduk kurang le­bih 8.000 jiwa, dengan 48 RT dan delapan RW dan tiga ka­dus, adanya pasar desa nanti­nya juga akan diupayakan untuk mulai ditata pengelo­laannya. Sehingga saat mela­kukan jual-beli, masyarakat bisa meningkat.

”Kita akan kelola pasar desa agar lebih baik, sehingga masyarakat bisa menikmati hasil para petani. Saya inginnya kita terbuka dari semua bidang,” pungkas Ugan. (mul/b/rez/ run)