Passing Grade CPNS Diturunkan

by -29 views

METROPOLITAN – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menurunkan passing grade atau nilai ambang batas minimal dalam rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Hal itu diungkapkan Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

Menurut Tjahjo, hal itu dilakukan karena ada beberapa lembaga di sejumlah daerah yang tidak meloloskan satupun peserta seleksi pada rekrutmen CPNS tahun lalu. Tidak adanya peserta yang lolos diduga karena tingginya nilai ambang batas minimal.

“Kemarin beberapa lembaga di daerah (ada yang, red) tak ada (peserta, red) yang lulus satu pun,” kata Tjahjo. “Ini yang salah orangnya atau soalnya? Kalau diproses terus kan kasihan,” lanjutnya.

Tjahjo enggan menyebutkan detail lembaga yang tidak meloloskan satupun peserta seleksi. Ia hanya memastikan meskipun passing grade diturunkan, BKN akan menambah materi dalam soal seleksi.

“Jadi kami kurangi (passing grade-nya), kami tambah soalnya dengan wawasan kebangsaan, megenai bahaya radikalisme, terorisme, empat pilar, supaya lebih mudah,” kata Tjahjo.

Dengan demikian, Tjahjo Kumolo yakin hal ini tidak mengurangi kualitas seleksi. Sebelumnya, sistem seleksi CPNS 2018 pada tes SKD menggunakan Permen PAN-RB Nomor 37 Tahun 2018. Mengacu pada Pasal 3 Permen PAN-RB 37/2018, dijelaskan bahwa nilai ambang batas SKD CPNS 2018, yakni 143 untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 80 untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 75 untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Selanjutnya, pemerintah mengumumkan bahwa tes SKD CPNS tahun ini tidak memakai aturan lama, melainkan menggunakan Permen PAN-RB 24/2019. Dalam aturan baru, yakni Pasal 3 Permen PAN-RB 24/2019, disebutkan bahwa nilai ambang batas SKD CPNS 2019 minimal yang harus dipenuhi antara lain 126 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 65 untuk TWK. (kmp/mam/run)

Loading...