PDIP Jabar Konsolidasi ke Bogor

by -37 views
KEGIATAN: DPD PDIP Jawa Barat usai roadshow untuk konsolidasi internal dengan menyambangi DPC PDIP Kota Bogor, kemarin.FADLI/METROPOLITAN

METROPOLITAN – DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat melakukan roadshow untuk konsolidasi internal dengan menyambangi DPC PDIP Kota Bogor, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanahsareal, Minggu (10/11). Beberapa hal disampaikan, diantaranya menurunkan arahan sesuai Kongres V di Bali, dimana PDIP harus lebih maju sebagai partai pelopor dan memenangkan Pemilu 2024.

Hal itu diutarakan Ketua DPD PDIP Jawa barat Ono Surono. Menurutnya, instruksi tersebut harus sampai ke semua lapisan struktur partai, mulai dari DPC, PAC sampai ranting.

“Kedua, Jabar itu dinamis. (pemilu) 2014 kami menang. Tapi sekarang kedua terbanyak setelah Gerindra. Berdasarkan kursi ketiga terbanyak. Nah kita harus fikirkan kedepan harus bisa menang di semua tingkatan politik, baik pilkada atau pileg dan pilpres 2024,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Pria yang lolos ke senayan dari Dapil Jabar VIII ini menjabarkan, dengan roadshow ini, kader partai berlambang banteng itu bisa memahami dan menjalankan amanat kongres PDIP lalu dengan membangun partai yang sehat organasasinya.

Hal Itu modal dasar menang di Jabar. Sebagai partai pelopor, harus jadi obor, penggerak rakyat dan mendampingi persoalan rakyat sesuai tingkatan dan kelembagaan.

“DPC sudah konsolidasi. Mulai desember kita konsolidasi organisasi dari anak rnting, ranting dan anak cabang. Sehingga 2020 punya struktural partai yang baru. Selain itu bedah program pemda. Apakah sesuai panduan partai atau tidak? Kalau belum, kita dorong. Atau misalnya ada program yang cederai rakyat, fraksi wajib aktif kritisi,” beber Ono.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata menyambut roadshow dan siap menerima instruksi serta arahan dari DPD untuk meneruskan ke tingkat bawah. Menurutnya, konsolidasi internal tanpa melalui instruksi pun sudah dijalankan oleh DPC dan PAC serta fraksi-fraksi tiap minggunya. Dengan membahas isu politik terbaru serta membedah berbagai program Kota Bogor.

“Tinggal kami lebih motivasi ranting dan PAC untuk ikuti arahan partai,” ujarnya.

Untuk pembentukan struktur partai pada 2020, pihaknya masih menunggu juklak dan juklis yang baru disampaikan secara lisan pada roadshow, dalam bentuk tertulis dari DPP kaitan pemilihan ketua ranting, PAC dan anak ranting. Secara lisan, kata Dadang, bahwa pemilihan atas usulan dari berbagai level.

“Keputusan di tangan dua level diatasnya. Misal ketua ranting, itu di tangan pengurus DPC. Sedangkan PAC keputusannya di DPD atas usulan dan tambahan fraksi-fraksi,” tukasnya.

Dadang menambahkan, DPC juga bakal melakukan roadshow ke berbagai PAC dengan membagi DPC sebagai korwil, masing-masing wilayahnya. Kebetulan, hampir di setiap wilayah itu terdapat fraksi dan pengurus DPC sehingga bisa merata.

“Tugasnya mereka harus rapat bersama PAC, mengajak rapat ranting rantingnya untuk membahas program program partai dan membahas program program fraksi,” pungkas Dadang. (ryn/b/yok/py)