Pecahkan Rekor Milik Lorenzo-Rossi

by -
CEPAT: Marc Marquez saat berlaga di gelaran MotoGP Malaysia 2019, belum lama ini.

METROPOLITAN – Catatan manis kembali berhasil diukir pebalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez. Ia ber­hasil memecahkan rekor podium terbanyak dalam satu musim MotoGP yang sebelumnya dipegang Jorge Lo­renzo serta Valentino Rossi.

Rekor ini berhasil dipecahkan The Baby Alien, julukan Marquez, di ge­laran MotoGP Malaysia 2019.

Dalam balapan yang dihelat di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada Minggu (3/11) siang WIB, Marquez mengakhiri perlom­baan dengan naik podium kedua.

Hasil dari seri ke-18 MotoGP 2019 itu pun membuat Marquez total telah mengoleksi 17 podium pada musim ini. Sebelas di antaranya diraih pebalap asal Spanyol itu dengan naik podium pertama. Sementara enam di antaranya diraih dengan naik podium kedua.

Koleksi podium itu telah melebihi rekor yang sebelumnya dipegang oleh Lorenzo dan Rossi. Keduanya sama-sama telah berhasil memecahkan rekor podium terbanyak, yakni dengan 16 kali naik podium dalam semusim.

Lorenzo telah melakukan hal tersebut sebanyak dua kali, yakni pada musim 2010 dan 2012. Catatan manis ini pun telah mengantarkan pebalap berjuluk Por Fuera itu keluar sebagai jawara di pentas MotoGP pada tahun tersebut.

Sementara itu, Rossi telah tiga kali meraih 16 podium dalam satu musim. Hal tersebut dilakukan The Doctor –julukan Rossi– pada musim 2003, 2005, dan 2008. Sama seperti Loren­zo, hasil manis ini telah mengantarkan Rossi keluar sebagai juara MotoGP pada tahun-tahun tersebut.

Dengan koleksi podiumnya saat ini, Marquez juga memastikan diri keluar sebagai kampiun di MotoGP 2019. Ia telah mengklaimnya jauh sebelum ge­laran MotoGP Malaysia 2019, tepatnya di seri ke-15 yang digelar di Sirkuit Bu­riram, Thailand. (ok/suf/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *