Petugas Damkar Lepaskan Cincin ABG Ciawi

by -
BANTU: Petugas Damkar Unit Ciawi membantu melepaskan cincin di jari warga Banjarsari, Sabrina, kemarin

 METROPOLITAN РCIAWI Imej petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) kini tak hanya sebagai penakluk api, tapi juga membantu melepaskan cincin. Setelah dua kasus di Kecamatan Bojonggede dan Cibinong, kali ini ABG berusia 13 tahun di Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, Sabrina yang meminta bantuan melepaskan cincin.

Sabrina mengalami bengkak di jari tengah akibat memaksakan memakai cincin logam yang terlalu kecil. Dia mengaku dirujuk Puskesmas Ciawi agar datang ke Damkar Unit Ciawi untuk melepaskan cincin tersebut.

“Tadinya saya ke Puskesmas Ciawi,tapi malah dirujuk ke Damkar. Awalnya tidak percaya, masa iya bisa ke Damkar,” ungkap Sabrina kepada wartawan.

Dia juga mengatakan, cincin tersebut baru dipakainya selama dua hari. Cincinnya terasa sempit, tapi dipaksakan dipakai.

“Akibatnya jari tengah saya bengkak dan harusberobat, tapi Alhamdulilah cincin ini bisa dibuka petugas damkar,” jelasnya.

Kepala Damkar Unit Ciawi, Nendri, mengatakan, proses evakuasi penyelamatan tersebut berjalan cukup lama yakni sekitar dua jam lebih. Adapun alat yang digunakan adalah benang nylon, gergaji besi, tang, minyak goreng dan garpu makan. Awalnya petugas memasukkan benang nylon pada sela cincin yang melingkar pada jari tengah korban, namun tidak berhasil.

“Opsi kedua kami gunakan gergaji besi. Secara perlahan kami gerjai cincinnya, setelah terbuka baru diangkat menggunakan tang dan berhasil dilepaskan,” pungkasnya. (ash/b/els/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *