Program Tekan Buta Aksara Kota Bogor Terbaik se-Jabar

by -15 views
PRESTASI: Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, bersama Tim Disdik Kota Bogor saat menjalankan program pengentasan buta aksara. Program ini pun mendapat penilaian terbaik se-Jabar.

METROPOLITAN – Gencarnya upaya yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor dalam menekan dan mengurangi populasi masyarakat buta aksara patut diapresiasi dan diacungi jempol. Sebab, upaya keras ini menghasilkan prestasi terbaik di Jawa Barat (Jabar).

Kepala Disdik Kota Bogor, Fahrudin, menjelaskan, bila diukur dari tingkat populasi buta aksara di Kota Bogor, kalau dicari satu per satu di setiap kelurahan pasti ada. Meski begitu, upaya yang dilakukan selama ini membuahkan hasil luar biasa. ”Alhamdulillah menempati posisi sebagai yang terbaik se-Jawa Barat dalam program penekanan buta aksara,” kata pria yang akrab disapa Fahmi ini.

“Kami tulus dan sungguh-sungguh mengurangi populasi buta aksara di Kota Bogor, karena itu sudah menjadi bagian tanggung jawab Dinas Pendidikan,” tuturnya. Beberapa tahun lalu, sambung Fahmi, Wali Kota Bogor, Bima Arya, sudah berkomitmen menuntaskan buta aksara di Kota Bogor. Dengan komitmen itu, disdik terus berpacu menuntaskan program tersebut. Fahmi menjelaskan, perbandingan populasi masyarakat buta aksara di Indonesia diperkirakan tinggal 2,07 persen atau 3,4 juta jiwa.

“Menurut data, Jawa Timur masih tertinggi sebagai provinsi penyandang buta aksara hingga 880.539 jiwa. Disusul Papua 607.879 jiwa, Jawa Tengah 471.254 jiwa, Sulawesi Selatan 239.011 jiwa dan Nusa Tenggara Barat sebanyak 238.879 jiwa,” ungkapnya. “Pencapaian penekanan penyandang buta aksara yang cukup baik adalah di Jawa Barat. Termasuk upaya keras Disdik Kota Bogor.

Dari total populasi usia 15-59 tahun yang jumlahnya mencapai 30.436.700 jiwa, penyandang buta aksaranya hanya 106.161 jiwa atau 0,35 persen” ungkapnya. (ber/ar/els/py)