RS Dorong Terbentuknya UPT Pendidikan

by -6 views
KUNJUNGAN: Anggota DPRD Kabupaten Bogor Ruhiyat Sujana saat mengunjungi sekolah yang ada di wilayah Bogor Barat, belum lama ini.

METROPOLITAN – Wacana pembentukan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan di setiap kecamatan se-Kabu­paten Bogor sempat mencuat.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ka­bupaten Bogor Ruhiyat Su­jana (RS) bahkan sangat mengapresiasi munculnya rencana tersebut.

Menurutnya, sejauh ini da­tabase pendidikan di Kabu­paten Bogor masih belum maksimal. Akibatnya, tak sedikit anggaran yang sasar­annya kurang tepat.

”Contoh­nya ada sekolah kondisinya memprihatinkan tapi belum juga mendapat bantuan. Se­mentara ada juga sekolah yang kondisinya cukup baik tapi dapat bantuan. Ini kan kalau databasenya jelas bisa lebih akurat lagi distribusinya,” kata RS.

Selain itu, UPT Pendidikan di tiap wilayah bisa memonitor langsung perkembangan se­kolah-sekolah. UPT bisa mem­permudah Dinas Pendidikan (Disdik) dalam penganggaran maupun peningkatan mutu.

”Jadi UPT sangat membantu di tengah luasnya wilayah Ka­bupaten Bogor. Ini demi pe­layanan pendidikan yang lebih baik dan merata,” ungkapnya.

Atas dasar itu, politisi muda Partai Demokrat itu mendu­kung penuh pembentukan UPT Pendidikan. Soal teknis­nya akan dibuat per kecama­tan atau wilayah, ia menilai perlu kajian dari pemerintah terlebih dulu.

”Bagusnya tiap kecamatan ada UPT-nya, ya minimal di tiap dapil. Jadi ada perwakilan tiap wilayah,” pungkas RS. (fin/rez/run)

Loading...