Sampah Pedagang Sayur dan Buah Dibiarkan Menumpuk

by -36 views
MENUMPUK: Sampah dekat flyover Cileungsi dibiarkan menumpuk. Sampah ini berasal dari pedagang sayur dan buah yang mangkal Kabupaten Bogor. ‚ÄĚSampah itu diba- di sekitar flyover. Selain itu, sampah itu pun berasal dari orang yang melintas dengan sepeda motor pada malam hari

METROPOLITAN – Ada tumpukan sampah yang menggunung di dekat flyover Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Sampah ini menumpuk di samping jalan dan menimbulkan bau tak sedap. Keberadaan sampah berada di sisi Jalan Raya Jonggol-Cileungsi. Terlihat, ada banyak sampah organik, seperti sisa sayuran dan buah-buahan. Selain itu, ditemukan keranjang kayu dan plastik-plastik. Sebagian sampah yang ada tampak padat dan menghitam seperti habis dibakar.

Terpantau, tumpukan sampah ini setinggi sekitar 20 meter dan panjangnya berkisar 30 meter. Pada pinggir jalan raya, terlihat dipasangi pagar kayu. “Sudah lama sampah ini, dari sekitar 2010-lah,” kata warga sekitar, Obay.

Dia menjelaskan, tumpukan sampah tersebut tidak pernah diangkut petugas Dinas Kebersihan Lingkungan (DLH) Kabupaten Bogor. “Sampah itu dibakar warga biar nggak padat. Dibakar juga buat bau,” lanjut dia.

Obay mengatakan sampah tersebut berasal dari orang yang melintas dengan sepeda motor dan pedagang pasar. Mereka membuang sampah saat malam hari ketika sepi. “Itu di pinggir jalan dipasang pagar kayu dari 2017 lalu biar nggak ada lagi yang buang sampah ke situ. Tapi tetap saja orang-orang pada buang sampah ke situ,” ujarnya.

Dia menjelaskan tumpukan sampah tersebut sulit dibersihkan. Sebab, medannya curam. “Itu kan sampahnya turun ke bawah, curam juga. Kalau diangkut manual, sulit. Mungkin harus pakai alat berat kalau mau diangkut sampahnya,” pungkasnya. (dtk/els)

Loading...