Samsung Keluarkan Android 10 Beta

by -128 views

METROPOLITAN – Pengguna ponsel Samsung kini sudah bisa mencoba operating system (OS) Android 10. Namun OS Android 10 ini masih dalam versi beta atau uji coba.

Berdasarkan pengumuman resmi perusahaan, Android 10 versi beta sudah dikirimkan pada Samsung Galaxy S10 Series, termasuk Samsung Galaxy S10e, S10, S10 Plus dan S10 5G di negara Korea Selatan, Jerman dan Amerika Serikat (AS).

Pengguna di negara lain juga akan segera bisa menikmati Android 10 beta. Program ini juga kan diluncurkan di China, Perancis, India, Polandia, Spanyol dan Inggris. Android 10 Beta juga akan bisa digunakan di ponsel Galaxy Note 10 Series.

Google meluncurkan Android 10 pada awal September 2019. OS terbaru ini baru tersedia pada beberapa ponsel terutama di seluruh ponsel Pixel yang merupakan smartphone besutan Google.

Kabarnya mulai 1 Februari 2020 semua ponsel harus menggunakan Android 10. Google hanya akan memberikan lisensi pada ponsel baru yang menjalankan Android 10 dan perusahaan akan berhenti memberikan persetujuan pada perangkat yang menjalankan Android 9 Pie.

Informasi tentang kepindahan perusahaan terlihat dalam versi terbaru dari persyaratan GSM Google. GSM berisi deretan aplikasi bawaan Google seperti Play Store. Bila tak dipenuhi maka Google tak terbitkan lisensi layanan mitra OEM (original equipment manufacturer).

Meski mewajibkan penggunaan Android 10, bukan berarti Google meninggalkan Android 9 Pie. Google tetap merilis pembaruan terhadap Android 9 hingga Android 11 dirilis pada Agustus 2020.

Persyaratan baru ini diperkirakan untuk meningkatkan penggunaan OS Android terbaru yang sekarang terkesan sangat lambat untuk diterapkan produsen ponsel. Padahal Google mengklaim OS baru selalu menawarkan sistem keamanan perangkat yang lebih baik. (cb/mam)

Loading...