Siap-siap Tarif Listrik Naik

by -31 views
ILUSTRASI: Petugas PLN sedang mengecek token listrik. Dalam waktu dekat, tarif listrik bakal naik. Kenaikan tarif ini dikarenakan tidak ada lagi subsidi di kelompok 900 VA mulai 2020.

METROPOLITAN–  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif sedang melakukan penyesuaian tarif listrik untuk golongan rumah tangga mampu (RTM) dengan daya 900 VA.

Sebagian besar pelanggan 900VA memang telah dicabut subsidinya karena dianggap masuk golongan mampu dan tak layak mendapatkan subsidi lagi. Namun saat ini, masih tersisa sebanyak 6,9 juta pelanggan yang mendapat subsidi. Mereka lah yang bakal mengalami kenaikan tarif listrik tahun depan.

“Tarif listrik tahun depan kalo yang mampu disesuaikan,” kata Arifin di kantor Luhut, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Terkait besaran kenaikan tarifnya sendiri, ia belum menyebutkan secara gamblang. Namun ia tidak menyangkal terkait kabar yang beredar bahwa kenaikan berkisar Rp 29 ribu/bulan.

“(Rp 29.000/bulan) iya kan nggak banyak,” ucapnya.

Kenaikan tarif atau penyesuaian ini dikarenakan tak ada lagi subsidi di kelompok tersebut mulai 2020. Di lokasi yang sama, Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menambahkan, penyesuaian dan pencabutan subsidi ini sudah disepakati dengan DPR.

“Bahwa yang pasti itu sudah tidak disubsidi lagi,” katanya.

Pencabutan subsidi ini merupakan kesepakatan pemerintah pada September lalu. PLN memperkirakan saat ini terdapat setidaknya 27 juta pelanggan listrik 900 VA baik mampu ataupun tidak mampu. (de/feb)

Loading...