Stadion Pakansari Mulai Bersolek

by -6 views
DANDAN: Stadion Pakansari mulai mempercantik diri untuk menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021

METROPOLITAN – Resmi terpilih jadi salah satu venue perhelatan Piala Dunia U-20 pada 2021, Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, langsung bersolek untuk mempersiapkan diri menjadi saksi sejarah perhelatan pesta olahraga terbesar sejagat itu.

Beragam persiapan pun mulai diberlakukan. Bupati Bogor Ade Yasin terjun langsung untuk melihat kondisi Stadion Pakansari.

Tak hanya stadion, orang nomor satu di Kabupaten Bogor itu juga meninjau sejumlah akses jalan menuju stadion.

”Intinya ini semua kami lakukan demi menyambut FIFA World Cup 2021 U-20. Semua ini kita siapkan agar para pemain dan ofisial mendapatkan kenyamanan saat datang dan bermain di sini,” kata Ade Yasin kepada awak media usai kunjungan ke Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, kemarin.

Tak hanya stadion semata, Pemerintah Bumi Tegar Beriman juga berencana melakukan penataan di sepanjang jalan menuju stadion pada 2020 nanti.

Mulai dari Exit Tol Sentul, simpang lampu lalu lintas Kandang Roda merupakan lokasi penataan yang bakal dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

”Mulai dari keluar Tol Simpang Sentul akan kita benahi. Tahun depan kita akan melakukan pembebasan lahan, mulai dari terowongan Simpang Sentul. Kita juga akan buat sodetan di sana, sambil membenahi jalur di sana agar lebih rapi dan tertata,” ujarnya.

Untuk stadion sendiri, sambung Ade, ia beserta tim akan menyediakan sejumlah fasilitas penunjang seperti akses untuk disabilitas.

Ade juga bakal memberikan sejumlah sentuhan khusus terhadap sejumlah bangunan dan fasilitas yang kiranya butuh mendapatkan renovasi kecil.

”Kita juga tadi sudah melihat langsung secara keseluruhan. Untuk lapangan berada dalam kondisi baik, paling tinggal kita beri sentuhan sedikit. Untuk pembenahan, kita juga akan menyiapkan sejumlah fasilitas untuk penyandang disabilitas, media center dan sejumlah bangunan dan fasilitas di sekeliling stadion, seperti toilet, ruang ganti pemain dan lain-lain. Ini semua demi kesiapan kita menjadi tuan rumah untuk piala dunia nanti,” tegasnya.

Anggaran Rp132 miliar pun digelontorkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan CSR (dana sosial, red) perusahaan.

Dari APBD, Pemkab Bogor menganggarkan Rp110 miliar. Terdiri dari anggaran Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Rp10 miliar dan aksesibilitas menuju stadion Rp100 miliar.

Sedangkan anggaran dari CSR disalurkan melalui Tim Fasilitator Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebesar Rp22 miliar.

”Anggaran Piala Dunia ini dari APBD. Dispora Rp10 miliar dan aksesibilitas Rp100 miliar. Ini untuk penataan kawasan dan akses serta pembenahan stadion,” bebernya.

Di tempat yang sama, Tim Fasilitator TJSL Kabupaten Bogor Yusfitriadi mengatakan, pembenahan akses ke Stadion Pakansari juga melibatkan CSR.

”Jadi ada Rp15 miliar untuk gapura perempatan Sentul masuk Pakansari. Yang di Stadion Pakansari Mulai Bersolek Olympic sampai bawah Sentul itu Rp7 miliar,” paparnya.

Untuk diketahui, Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah ajang tersebut setelah dibacakan langsung Presiden FIFA Gianni Infantino pada FIFA Council Meeting di Shanghai, China, Kamis (24/10).

Indonesia berhasil menyisihkan duo Amerika Selatan, Brasil dan Peru. Usai resmi ditunjuk, Indonesia melalui Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyerahkan daftar sepuluh stadion kepada FIFA untuk menggelar pertandingan pertandingan Piala Dunia U-20 2021, salah satunya Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (ogi/b/ fin/mam/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *