Tampilan Home YouTube di Desktop dan Tablet Berubah

by -43 views
Tampilan YouTube desktop fitur Add to queue.

METROPOLITAN – Google merombak tampilan halaman utama situs YouTube di desktop, dan tampilan home aplikasi YouTube di perangkat tablet Android dan iPad.

Pada tampilan baru ini, pengunjung YouTube bakal disuguhkan dengan thumbnail konten yang lebih sedikit dibandingkan tampilan sebelumnya.

Dalam blog resminya, pihak Google mengatakan bahwa wajah baru itu sejatinya membuat beragam video yang tampil di halaman home hadir dengan judul yang lebih panjang, berikut cuplikan video dengan resolusi yang lebih tinggi.

Pengguna juga kini bisa melihat ikon kanal yang membuat konten tersebut, tepat di samping kiri judul video.

Selain mengurangi jumlah video yang mejeng di halaman home, Google juga menghadirkan sejumlah fitur aplikasi YouTube mobile ke YouTube versi desktop dan versi tablet.

Ada dua fitur yang diboyong oleh Google, yaitu fitur “Add to queue” dan fitur “Don’t recommend channel”.

Dengan fitur “Add to queue”, pengguna bisa menandai video yang dipilih untuk ditonton di lain waktu, tanpa harus pergi ke video yang bersangkutan.

Sementara fitur “Don’t recommend channel” memungkinkan pengguna untuk memblokir seluruh konten dari channel yang dipilih agar tidak muncul di tampilan home pengguna.

Tampilan yang kesannya hanya “diperbesar” ini bakal digelontorkan oleh Google secara bertahap di YouTube versi desktop dan tablet Android dan iPad mulai hari ini, Jumat (8/11/2019).

Dalam beberapa waktu ke depan, Google juga berencana bakal memboyong fitur YouTube versi mobile lainnya ke dalam YouTube versi desktop dan tablet.

Beberapa di antaranya adalah fitur personalisasi untuk menghiasi tampilan home YouTube dengan video yang pengguna minati, berikut fitur “Up Next Videos” untuk memainkan konten yang berhubungan dengan video yang pengguna sedang tonton secara otomatis.