Tiap Hari Air Naik 25 Sentimeter

by -

METROPOLITAN – Fenomena banjir bugeul kembali terjadi. Sejak Selasa (12/11) lalu, muara Cibuni di Desa Tegalbuleud, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, kembali mengalami bugeul. Kondisi itu mulai terjadi sejak Selasa (12/11) hingga mengancam keselamatan warga.

BANJIR bugeul terus mengancam warga. Kali ini posisi air mulai naik, men-dekati permukiman warga. Setiap harinya, air naik se-kitar 25 sentimeter.”Kenaikan air sekitar 25 sentimeter per hari. Air su-dah mulai mendekati rumah warga. Ada empat rumah di Kampung Datarnangka yang terancam. Jaraknya sekitar lima meter dari banjir bu-geul,” kata Tenaga Kesejah-teraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tegalbuleud Yudi-ansyah.Banjir yang terjadi akibat tidak mengalirnya air dari muara Cibuni ke laut ini mulai terjadi pada Selasa (12/11) lalu.

Saat ini, banjir bugeul sudah merendam sekitar 350 hektare lahan pertanian.”Kami belum mengadakan upaya apa pun, hanya anti-sipasi evakuasi warga saja jika air merendam rumah warga,” ujar Yudi.Banjir bugeul yang saat ini terjadi bisa dikatakan seba-gai jilid II karena terjadi untuk yang kedua kalinya di tahun ini. Sebelumnya, bu-geul juga terjadi pada 26 September 2019. Kemudian dilakukan upaya untuk me-nyurutkan air dengan mem-buat saluran pada 9 Oktober 2019.Bugeul adalah kondisi di-mana aliran sungai tersum-bat timbunan pasir yang secara terus-menerus tertiup angin hingga air sungai tidak bisa mengalir ke laut. Air yang tertahan ini semakin meluas hingga merendam daratan. (skb/feb/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *