Wacana PNS Diganti Robot, Ini Kata Wali Kota Bogor Bima Arya

by -

METROPOLITAN.id – Wacana penggantian Pegawai Negeri Sipil (PNS) Eselon III dan IV dengan robot berteknologi kecerdasan buatan atau artificial intelegence (AI), menyita perhatian hingga ke daerah-daerah.

Bahkan, Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku pihaknya sudah mendapatkan panduan dan surat dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Isinya, segera melakukan pemetaan dan kajian serta identifikasi penjabaran apa saja yang harus dilakukan.

“Sudah ada panduan, sudah ada surat dari kemenpanRB, untuk segera melakukan pemetaan, melakukan kajian, identifikasi apa saja yang harus dilakukan. Nanti Juni 2020, itu harus sudah berjalan,” kata Bima Arya, Jumat (29/11).

Meski demikian, penerapan kecerdasan buatan di lingkungan pemerintahan tidak akan mengurangi jumlah pegawai yang ada di Pemkot Bogor.

Selain itu, Bima mengklaim tidak akan mengurangi pendapatan para ASN, meskipun ada pemangkasan eselon III dan IV.

“Tidak ada pemangkasan jumlah. Tidak ada pengurangan jumlah pendapatan pula. Ini hanya membuat kerja lebih efektif saja tugas pokok dan fungsinya,” terangnya.

Yang jelas, Bima melanjutkan, proses menuju penerapannya masih panjang. Sebab pemerintah daerah harus merampungkan pemetaan dan identifikasi tupoksi, sebelum bisa diterapkan pertengahan tahun depan.

“Yang pasti dilakukan pemetaan dulu, jadi masih panjang, sampai pertengahan tahun depan,” ungkap Bima. (ryn/a/fin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *