8 Tim Berebut Tiket 16 Besar Liga Champions Menang atau Tersingkir

by -1 views

METROPOLITAN – Babak penyisihan fase grup Liga Champions 2019/20 akan dimulai sejak Rabu (11/12). Ada 16 tim yang akan melakoni babak terakir di kasta tertinggi Eropa. Sedangkan, 16 tim lain akan bertanding pada Kamis (12/12).

Delapan tim diantaranya yang melakoni babak terakhir pada Rabu (11/12) dipaksa menang jika ingin melangkahkan diri masuk ke 16 besar Liga Champions. Pasalnya, perolehan poin yang mereka dapat saat ini masih bisa disusul tim lainnya.

Sementara, hanya Barcelona yang sudah memastikan diri masuk ke 16 besar. Sedangkan, empat tim dipastikan tidak bisa lolos ke babak selanjutnya maupun Liga Europa. Adapun kedelapan tim yang harus menang pada fase terakhir penyisihan grup diantaranya Napoli, Red Bull Salzburg, Inter Milan, Dortmund, Zenit, Lyon, Ajax, Valencia serta Chelsea. Sementara, dua tim hanya memerlukan hasil imbang yakni Liverpool dan Leipzig.

Liverpool dengan 10 poin di puncak klasemen Grup E memang cuma butuh hasil imbang untuk lolos. Tapi, hasil imbang saja tidak cukup untuk Liverpool karena mereka ingin mengunci juara grup agar tidak mendapat kemudahan saat pengundian.

Mengingat Salzburg bukan lawan yang enteng karena mereka sempat menyulitkan Liverpool di Anfield, sebelum akhirnya kalah 3-4. Mengingat Liverpool belum pernah clean sheet di fase grup sejauh ini, maka Salzburg patut diwaspadai.

Sementara itu Napoli berpeluang menyodok ke puncak karena hanya akan menjamu tim terlemah grup, Genk di San Paolo. Kemenangan jadi harga mati jika Napoli ingin lolos ke babak gugur.

Tim besar lain yang masih harus berebut tiket lolos di laga terakhir adalah Inter. Namun, Nerazzurri harus menghadapi lawan berat yakni Barcelona yang sudah memastikan lolos sebagai juara grup.

Inter wajib memenangi pertandingan ini karena apapun hasil dari Borussia Dortmund versus Slavia Praha, mereka tetap lolos berbekal keunggulan head-to-head atas Dortmund.

Chelsea juga masih harus mencari tiket lolos di laga terakhir. Posisi mereka terjepit karena tertahan di urutan ketiga dengan delapan poin, kalah rekor pertemuan dari Valencia di posisi kedua. Ajax ada di posisi teratas Grup H dengan 10 poin. Chelsea butuh kemenangan atas Lille jika mereka mengalahkan Lille yang dibarengi hasil imbang di laga Valencia versus Ajax.

Dari Grup C, masih dicari siapa pendamping Manchester City antara Dinamo Zagreb, Shakhtar Donetsk dan Atalanta. Atalanta meski berada di posisi juru kunci dengan 4 poin masih berpeluang lolos.

Atletico Madrid dan Bayer Leverkusen masih harus bertempur untuk mencari tiket lolos. Atletico dengan tujuh poin hanya perlu mengalahkan Lokomotiv Moskow agar lolos.

Sekadar diketahui, peringkat ketiga dalam penyisihan grup tidak bisa mengikuti ke babak 16 besar Liga Champions. Mereka akan turun kasta mengikuti babak ke 32 Liga Eropa.

Sementara, peringkat empat dipastikan tidak bisa mengikuti lagi babak penyisihan di Liga Champions maupun Liga Eropa.(dtk/rez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *