Bangun Sinergitas dan Refreshing Camat Kemang Ajak Staf dan Kades Keliling Baduy

by -1 views
STUDI BANDING: Camat Kemang, Nana Mulyana, mengajak staf dan kades men-gunjungi Baduy.

METROPOLITAN – Banyak cara yang bisa dilakukan dalam melakukan sinergitas antara pihak kecamatan dengan staf dan pemerintah desa. Seperti yang dilakukan Camat Kemang, Nana Mulyana dengan mengajak seluruh staf dan pemerintah desa mengunjungi Desa Baduy, di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Laporan: Khaerudin

Nana Mulyana mengatakan, Pemerintah Kecamatan Kemang ingin menjalin sinergi antarstaf maupun pemerintah desa. Kunjungan ke Baduy juga sekaligus melepas penat setelah bekerja.

“Alhamdulillah ada 60 orang yang berangkat. Ssemua staf dan ada beberapa kepala desa dan staf. Saya ingin di Baduy semua bisa bersama tidak ada yang pisah. Kita nikmati perjalanan ini. Supaya setelah pulang dari Baduy kita membawa ilmu dan badan kembali fresh,” katanya. ‘

Baduy dipilih, kata dia, karena penduduk yang apa adanya. Mereka tidak sekolah tapi bisa membaca dan menulis bahkan berhitung.

“Di kehidupan sehari-hari banyak yang kita ambil. Hidup secara bersama akur satu dan yang lainnya dan perawatan lingkungan yang membuat kagum,” katanya.

Nana juga menjelaskan, jalanan di Baduy terlihat rapi. Hanya bermodal batu, jalan seperti dipasang paving blok untuk pencegah tembok longsor. Mereka hanya menumpuk batu tanpa bantuan semen, tapi kuat.

“Banyak yang bisa kita petik di sini (Baduy, red),” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Kemang, Ria Marlisa mengaku kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan. Tidak harus mewah tapi mengesankan. Ia berharap kekompakan seluruh staf Kemang bisa bertambah lagi.

“Pengalaman baru bersama rekan-rekan semua mengunjungi tempat seindah ini. Yang saya dapat dari kehidupan warga baduy setiap hari adalah, semangatnya. Dengan segala keterbatasan, mereka mampu menyulap desa yang sangat indah ini dan mulai dicintai wisatawan baik domestik dan luar negeri,” pungkasnya. (khr/b/els)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *