Beban Berat Wujudkan Milenial Bogor

by -35 views

METROPOLITAN – Tokoh pemuda Kabupaten Bogor, menggelar acara diskusi publik dengan tema “Mewujudkan Generasi Milenial menuju Sumber Daya Manusia (SDM) yang Unggul dan Produktif”, di Eat Play Cafe, Jalan Raya Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Sabtu (30/11). Diskusi membahas bagaimana kaum milenial bisa berperan aktif dalam bidang apapun sesuai dengan tema yang saat ini dibahas.

“Dengan diskusi ini ada masukan-masukan yang bisa diserap baik dari narasumber maupun peserta untuk bisa mewujudkan generasi milenial dengan SDM yang unggul dan produktif nanti,” kata ketua Panitia acara M Sudrajat.

Sementara itu, Tokoh Pemuda Kabupaten Bogor, Rahmatullah, mengatakan kaum milenial harus bisa produktif jangan sampai hanya menjadi konsumtif. Baik dibidang sosial maupun ekonomi. Serta harus kreatif dan inovatif dan punya keunggulan tersendiri, yang harus dilakukan sejak kini.

Pria yang juga ketua Lembaga Pemerhati Kebijakan Pemerintah (LPKP) Kabupaten Bogor itu menjelaskan, diskusi ini menyasar kaum milenial seperti dari mahasiswa berbagai kampus se-kota Bogor, seperti Universitas Juanda, Universitas Pakuan. STIH Darma Andigha, Al aulia, Inais dan lainnya.

“kaum milenial harus bisa berpengaruh dimata masyarakat, baik itu dalam kegiatan sosial maupun ekonomi,” terangnya.

Ditempat yang sama, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bogor, Burhanudin mengatakan, diskusi publik ini ada kaitannya dengan pembahasan digital yang saat ini banyak digunakan masyarakat, khususnya milenial. Masyarakat muda harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi era digital tersebut dengan mengambil sisi positif, karena bisa mempermudah dalam banyak hal

Sebab, ada juga efek negatif seperti informasi hoax yang saat ini banyak beredar di media sosial. Maka, harus bisa menyaring informasi dan bisa memanfatkannya.

“Dengan pemanfaatkan teknologi yang baik, maka disitu adanya SDM yang unggul dan produktif. Seperti Literasi Digital, harus bisa menggunakan teknologi tersebut yang bermanfaat,” paparnya.

Sedangkan Anggota DPRD Kabupaten Bogor , Ruhiyat Sujana memaparkan bagaimana agar milenial bisa bersikap dengan cara pandang yang baik. Belum lagi junlah usia produktif kini melonjak. Ka melanjutkan, pada generasi milenial ini harus bisa bijak dalam menyikapi informasi apapun yang berkembang.

“Berperan tapi jangan jadi kaum baper (bawa perasaan, red)-an dalam menyikapi perkembangan teknologi dengan bijak dan teliti,” tukasnya.

Kasi Pencegahan BNN Kabupaten Bogor Rieka Indriati menjelaskan, pihaknya memberikan bimbingan kepada kaum milenial agar lebih kreatif dalam berinovasi dan jangan salah menempatkan inovasi yang dimiliki. Untuk menjadi SDM yang unggul dan produktif kaum milenial diharapkan dapat menjaga diri mereka dengan menghindari pergaulan yang bebas dan memerangi penyalahgunaan narkoba di kalangan milenial saat ini menjadi permasalahan global.

“Dengan menguatkan SDM kaum milenial dalam menghadapi bahaya narkoba merupakan hal penting karena hal itu beresiko. Bukan untuk saat ini saja tapi masa depan mereka,” tutupnya. (ryn/c/yok)

Loading...