BPBD Bangun Posko Bencana di Jonggol

by -

METROPOLITANJONGGOL Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mendirikan posko bencana di delapan titik rawan yang ada di wilayah Bumi Tegar Beriman. Salah satunya di wilayah Jonggol dan Gunungputri.

Pendirian posko dilakukan berbarengan dengan Apel Siaga Pos Penanggulangan Bencana (PB) Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 yang berlangsung di Kantor BPBD Kabupaten Bogor, Senin (23/12/2019).

Apel siaga sendiri dipimpin langsung Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo. Kegiatan diikuti sejumlah personil utama Siaga PB Nataru serta pendukung dan administrasi Siaga PB Nataru.

Menurut Budi, kegiatan ini dilakukan untuk kesiapsiagaan dan tanggap darurat PB Nataru 2019. Tujuan utamanya untuk membuat rasa aman masyarakat Kabupaten Bogor, khususnya tentang PB.

Sudah kita bangun di titik-titik rawan bencana. Ada delapan kecamatan yang kita bangun posko. Kalau untuk posko utama tetap di kantor BPBD,” kata Budi.

Adapun delapan kecamatan yang didirikan posko bencana. Diantaranya, Kecamatan Gunung Putri dibangun di Desa Bojong Kulur, Kecamatan Taman Sari di kantor kecamatan, Kecamatan Jasinga di kantor kecamatan, Kecamatan Ciawi di Pos Polisi Gadog, Kecamatan Leuwiliang di terminal Leuwiliang, Kecamatan Jonggol di kantor kecamatan serta Kecamatan Cisarua di kantor kecamatan.

Masing-masing memiliki potensi yang berbeda, ada yang bencana banjir, angin kencang hingga longsor. Ada juga daerah yang mempunyai potensi ketiganya,” ucap dia.

Setiap pos berbeda jumlah anggota dan terdiri dari 2 regu, secara bergantian dan siaga selama 24 jam. Satu regu itu mencakup 2-5 anggota BPBD, ditambah relawan dan Destana setempat. Cadangan dari Posko utama di BPBD,” tutupnya. (brt/feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *